📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Safety belt

Safety Belt Mobil, Kenali Fungsi, Cara Memakai, dan Cara Merawatnya 2022

Safety belt atau sabuk pengaman merupakan salah satu fasilitas yang ada dalam mobil. Semua mobil biasanya memiliki sabuk pengaman ini. Sabuk pengaman menjadi salah satu fasilitas mobil yang memiliki banyak manfaat. Karena mampu melindungi pengendara dan penumpang dari berbagai risiko ketika melakukan perjalanan.

Saat ini, sabuk pengaman di sebuah mobil semakin canggih. Karena telah banyak sabuk pengaman yang menggunakan sistem otomatis. Sabuk pengaman otomatis biasanya mampu membaca sensor mobil. Sehingga akan lebih kencang ketika mobil mengalami guncangan, risiko kecelakaan, atau sebagainya.

Fungsi Safety Belt

Sabuk pengaman memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah kendaraan. Itulah mengapa penggunaan sabuk pengaman pun diwajibkan dalam peraturan lalu lintas. Apabila tidak menggunakan sabuk pengaman, maka berisiko akan ditilang oleh pihak kepolisian. Oleh karena itu, inilah beberapa fungsi sabuk pengaman yang perlu diketahui!

1.     Memberikan Kenyamanan

Fungsi safety belt yang pertama adalah memberikan kenyamanan berkendara untuk pengendara dan para penumpang. Pasalnya, sabuk pengaman dapat membuat pengendara dan seluruh penumpang tetap dalam posisi yang nyaman. Meskipun terdapat guncangan atau gerakan mobil yang tiba-tiba bergoyang.

Bahkan, ketika mobil melakukan rem mendadak pun para penumpang tetap akan dalam posisi yang sama. Selain itu, penumpang pun akan mendapatkan posisi duduk yang tenang dan nyaman. Terlebih jika sedang dalam posisi tidur, posisinya cenderung tidak akan berubah apabila menggunakan sabuk pengaman.

2.     Melindungi Tubuh agar Tidak Terpelanting

Berikutnya adalah sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi tubuh agar tidak terpelanting atau tidak terpental. Misalnya adalah ketika mobil berhenti secara mendadak, biasanya tubuh akan cenderung terdorong ke depan. Hal tersebut akan cukup menimbulkan risiko, karena dikhawatirkan bagian dada terkena benda yang ada di depannya.

Oleh karena itu, penggunaan sabuk pengaman menjadi sangat penting. Karena mampu menahan tubuh agar tidak terbentur atau terdorong ke benda yang berbahaya. Sabuk pengaman pun dapat melindungi tubuh apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan. Sehingga, tubuh tidak akan terpental ke bagian luar mobil.

3.     Langkah Preventif untuk Melindungi Nyawa

Fungsi terakhir dari safety belt adalah mampu melindungi nyawa pengendara dan para penumpang. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa kecelakaan parah yang berisiko besar terhadap penumpang dan pengendara. Meskipun sudah menggunakan sabuk pengaman. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan tindakan pencegahan.

Karena penggunaan sabuk pengaman memang bukan untuk mencegah tidak terjadinya kecelakaan lalu lintas. Namun, penggunaan sabuk pengaman ini dimaksudkan sebagai pencegahan. Apabila terjadi kecelakaan, maka risiko atau luka yang dialami oleh penumpang dan pengendara tidak akan terlalu parah.

Cara Memakai Safety Belt dengan Baik dan Benar

Masih banyak pengendara dan penumpang yang memakai sabuk pengaman hanya untuk menghindari penilangan dari kepolisian. Padahal, sabuk pengaman sangat penting untuk selalu digunakan saat berkendara. Terdapat juga beberapa orang yang memakai sabuk pengaman secara asal-asalan. Oleh karena itu, inilah cara memakai sabuk pengaman yang benar!

1.     Posisikan di Bagian Pundak

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memakai safety belt adalah dengan memosisikannya di bagian pundak. Terkadang, terdapat beberapa orang yang kurang nyaman untuk meletakkan sabuk pengaman di bagian pundak. Padahal, penggunaan sabuk pengaman akan lebih nyaman ketika diposisikan di pundak.

Oleh karena itu, langkah pertama adalah posisikan sabuk pengaman di bagian pundak. Setelah itu julurkan sabuk pengaman secara silang sampai ke tempat pengait sabuk pengaman tersebut. Pastikan sabuk pengaman tidak terlilit atau melintir. Apabila melintir, maka sebaiknya luruskan terlebih dahulu agar lebih nyaman saat dipakai.

2.     Kencangkan Sabuk Pengaman

Cara berikutnya adalah dengan mengencangkan sabuk pengaman. Pastikan untuk tidak mengencangkan sabuk pengaman di bagian perut. Karena dikhawatirkan akan mengalami cedera pada bagian perut. Kencangkanlah sabuk pengaman di sekitar pinggang. Pastikan sabuk pengaman kencang dan tetap nyaman untuk digunakan.

Selain itu, sejajarkan pula posisi punggung dengan sandaran pada kursi. Agar lebih nyaman dalam mendapatkan posisi duduk. Pastikan untuk tidak terlalu menurunkan posisi jok, karena hal tersebut dapat berbahaya pula pada bagian perut. Serta berisiko menyebabkan cedera di bagian perut yang berbahaya.

3.     Kunci Sabuk Pengaman

Cara terakhir dalam pemasangan safety belt adalah mengunci sabuk pengaman pada pengait. Untuk pemakaian sabuk pengaman yang lebih efektif, pastikan untuk mengunci sabuk pengaman sampai berbunyi ‘klik.’ Sehingga, sabuk pengaman akan semakin kuat untuk menahan posisi tubuh dan dapat melindungi tubuh.

Cara Merawat Safety Belt

Sama halnya seperti perangkat atau komponen mobil lainnya, sabuk pengaman pun perlu dibersihkan dan dirawat. Karena sabuk pengaman pun seringkali mengalami kerusakan. Sehingga, pastikan untuk selalu merawat dan membersihkannya dengan baik dan rutin. Oleh karena itu, inilah cara merawat sabuk pengaman!

1.     Membersihkan Sabuk Pengaman

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk merawat sabuk pengaman adalah dengan membersihkannya secara rutin. Usahakan untuk tidak membersihkannya menggunakan deterjen. Karena akan membuat sabuk pengaman tampak lebih kusam. Pembersihan sabuk pengaman dapat menggunakan cuka dapur apabila terdapat kotoran membandel.

Bersihkan sabuk pengaman menggunakan lap berbahan mikrofiber yang kering. Biasanya, terdapat beberapa safety belt yang kurang lentur. Oleh karena itu, hal tersebut dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan silikon pada sabuk pengaman. Sehingga, sabuk pengaman akan tetap lentur.

2.     Mengganti Sabuk Pengaman

Cara berikutnya adalah dengan mengganti sabuk pengaman. Apabila fungsi sabuk pengaman yang lama sudah tidak maksimal. Karena memang sabuk pengaman pun suatu saat akan mengalami kerusakan. Terlebih jika dipakai cukup lama. Hal tersebut disebabkan oleh faktor usia dari sabuk pengaman tersebut. Sehingga, disarankan untuk menggantinya.

Perawatan Safety Belt di Bengkel Mobil

Perawatan dan Pembersihan sabuk pengaman akan lebih maksimal. Apabila dilakukan secara rutin di bengkel mobil yang berkualitas, misalnya Dokter Mobil. Dokter Mobil merupakan bengkel mobil yang sudah memiliki standar ISO. Sehingga, produk dan teknologi di bengkel Dokter Mobil pun memiliki kualitas yang cukup memuaskan.

Selain itu, Dokter Mobil menyediakan pula perawatan atau servis mobil secara berkala. Salah satunya adalah perawatan sabuk pengaman. Perawatan lainnya adalah seperti Tune Up untuk mobil. Terdapat pula free general checkup untuk mobil yang ditawarkan oleh bengkel Dokter Mobil. Sehingga, mobil akan semakin terawat dan performanya tetap terjaga.

Baca Juga : Ketahui Fungsi Air Radiator Motor Dan Cara Kerjanya

Selain perawatan sabuk pengaman, Dokter Mobil pun menyediakan perawatan lainnya yang berguna untuk mobil. Misalnya adalah servis AC, oli, dan jet clean. Pengecekan di Dokter Mobil pun memiliki garansi dan pengecekan yang akurat. Sehingga, kualitas pelayanannya pun akan menguntungkan pelanggan.

Safety belt merupakan komponen mobil yang penting, karena berfungsi untuk keselamatan berkendara. Maka, sabuk pengaman pun harus dirawat secara rutin. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan rutin di bengkel Dokter Mobil, agar perawatan lebih maksimal dan tahan lama. Karena layanan di Dokter Mobil profesional dan menggunakan tenaga ahli.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Safety belt

Safety Belt Mobil, Kenali Fungsi, Cara Memakai, dan Cara Merawatnya 2022

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents