📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil dan Seputar Masalahnya 2022

Pompa bensin merupakan komponen penting dari sebuah mobil. Memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin adalah fungsi pompa bensin mobil. Bensin yang terdapat di dalam tangki bahan bakar akan dipompa untuk dialirkan kemudian menuju pembakaran. Perubahan menjadi energi di dalam mesin inilah yang menyebabkan mobil dapat berjalan.

Tetapi dengan banyaknya macam kendaraan akan berpengaruh pula dengan proses pengaliran bahan bakarnya. Ada yang cepat dan ada pula yang lambat. Jika terjadi masalah pada komponen ini dapat dipastikan mesin akan berhenti berjalan. Berikut penjelasan tentang fungsi dan seputar masalahnya.

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil
Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil

Alat yang dapat memompa bahan bakar untuk dialirkan ke seluruh mesin adalah fungsi pompa bensin mobil. Nama lain dari alat ini adalah pompa bahan bakar kendaraan. Secara garis besar, proses pemompaan mesin ini dibagi ke dalam dua kelompok berdasarkan jenis kendaraannya. Adapun kedua jenis kendaraan itu adalah :

  1. Fungsi Pompa Bensin Mobil pada mesin mobil dengan karburator

Pada mesin mobil yang berkarburator, fungsi pompa bensin mobil adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki atau wadah penampung  menuju ke karburator. Hal ini terjadi karena pada mesin mobil dengan karburator dirancang untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke karburator.

  1. Fungsi Pompa Bensin Mobil pada mesin mobil berjenis injeksi

Sementara itu, apabila mesin mobilmu berjenis injeksi proses pengaliran bahan bakarnya dimulai dari tangki menuju ke injektor. Sehingga fungsi pompa bensin mobil adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor.

Selain dikelompokkan berdasarkan fungsinya, pompa bensin juga dikelompokkan berdasarkan cara bekerjanya. Berdasarkan cara kerjanya, fungsi pompa bensin mobil dibedakan menjadi dua yaitu pompa bensin mekanis dan pompa mesin elektrik. Adapun jenis pompa bensin itu adalah sebagai berikut :

  • Pompa Bensin Mobil Mekanis

Pompa Bensin Mobil Mekanis adalah pompa bahan bakar yang otomatis bergerak karena putaran mesin mobil yang tersambung pada belt. Contoh mesin yang menggunakannya adalah mesin diesel. Apabila terdapat pada mobil, mesin pompa ini digerakkan secara otomatis oleh mekanisme camshaft yang berada pada silinder head.

  • Pompa Bensin Mobil Elektrik

Pompa Bensin Mobil Elektrik adalah pompa bahan bakar yang menggunakan motor listrik dan digerakkan oleh aliran listrik menuju motor penggerak. Pompa bensin jenis ini memiliki banyak sekali tipe. Mereka adalah model dengan diafragma dan platina. Hal ini banyak ditemukan pada mesin – mesin mobil dengan injeksi bahan bakar.

Tanda – tanda Bahwa Fungsi Pompa Bensin Mobil sedang Bemasalah

Guna mencari tahu ciri dan tanda bahwa fungsi pompa bensin kamu bermasalah tergolong cukup sulit. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena pompa bensinmu tidak tersambung dengan indokator check engine yang terdapat pada mobil kamu. Tetapi tak usah khawatir, dibawah ini telah kami rangkumkan tanda-tanda pompa bensin bemasalah di bawah ini.

  1. Mobil susah menyala

Tanda pertama bahwa fungsi pompa bensin mobilmu bermasalah adalah mesin mobil yang susah menyala ketika terparkir dalam waktu yang lama. Kejadian ini karena bahan bakar yang seharusnya sudah siap, tapi tidak tersedia pada jalur bahan bakarnya atau fuel line.

  1. Mesin mobil mengeluarkan suara

Tanda kedua bahwa fungsi pompa bensin mobilmu bermasalah adalah suara brebet pada mesin mobil ketika dinyalakan. Ini terjadi karena penyumbatan kotoran dari tangki bensin. Kualitas bahan bakar yang buruk akan menyebabkan ini terjadi. Sehingga mesin tidak merasakan apa – apa lagi meskipun pedal gas telah lama diinjak.

  1. Gosongnya sekring pada pompa bensin

Tanda ketiga bahwa fungsi pompa bensin mobilmu bermasalah adalah terjadinya gosong pada sekring pompa bensin. Ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan oleh endapan kotoran, sehingga kerja sekring menjadi lebih berat. Apabila sekring gosong kemungkinan besar kerja pompa bensin menjadi tidak normal.

  1. Bau bensin mobil yang menyengat diarah knalpot

Tanda terakhir bahwa fungsi pompa bensin mobilmu bermasalah adalah munculnya bau bensin yang menyengat pada asap knalpot mobil. Bau yang sangat menyengat ini diakibatkan oleh proses pembakaran mesin yang tidak sempurna. Oleh karena itu, selalu cek bau menyengat dari asap knalpot mulai dari sekarang. Ini merupakan langkah pencegahan awal sebelum terjadi kerusakan yang lebih dalam.

Rupanya fungsi dari pompa bensin mobil adalah sangat penting sehingga menyebabkan kerusakan mesin bila terjadi hambatan di dalamnya. Bagaimana cara untuk mencegahnya agar tidak larut dalam masalah seperti itu? Berikut ini tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya.

  • Dilarang terlambat mengisi bahan bakar

Kamu dilarang terlambat untuk mengisi bahan bakar. Hal ini karena bahan bakar juga berfungsi sebagai pendingin dan pelumas pompa bensin. Sehingga apabila bahan bakarnya habis, maka akan memicu pompa bensin menjadi panas dan bekerja dengan tidak baik.

Sangat disarankan untuk mengisi mobilmu ketika sisa bahan bakar hanya seperempat dari volume tangki yang ada. Ini dimaksudkan agar pompa bensin akan selalu bisa bekerja dengan baik saat memompa kebutuhan bahan bakar pada kendaraan.

  • Rutin menguras tangki Bensin

Jadwalkan waktu yang khusus untuk menguras tangki bahan bakar secara berkala. Apalagi bila kamu memiliki mobil baru, lakukan pengurasan tangki bahan bakar dengan waktu minimal setelah 5 tahun pemakaian. Ketentuan waktunya tentu berbeda dengan mobil yang telah lama digunakan.

Pada mobil lama, lakukan pengurasan tangki bahan bakar setiap dua tahun sekali. Proses ini bertujuan untuk membersihkan berbagai bakteri di dasar tangki. Hal ini juga membantu untuk menghilangkan kotoran pada tangki karena kotornya bahan bakar yang digunakan.

  • Tepat waktu saat mengisi bahan bakar

Sebaiknya selalu mengisi bahan bakar mobil di waktu yang tepat agar tidak terjadi kerusakan pompa bensin mobil. Maksudnya adalah disarankan untuk tidak mengisi bahan bakar saat pihak SPBU sedang mengisi bunker atau saat cuaca dingin sekali.

Ini terjadi karena pada saat SPBU mengisi bunker ataupun ketika sedang ramai di siang hari, ada kemungkinan bahwa bunker SPBU tidak steril dari kotoran yang mengendap di dasar bunker. Jadi ada baiknya saat kamu mengisi bahan bakar adalah ketika SPBU sedang sepi.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi pompa bensin mobil beserta permasalahannya yang telah kami jabarkan. Menjaga kebersihan pompa bensin serta ketepatan waktu dalam mengisi bensin adalah suatu keharusan untuk menjaga fungsi pompa bensinmu.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Apabila kamu mengalami masalah kerusakan pompa bensin kamu bisa datang ke bengkel Dokter Mobil Cirebon untuk memperbaikinya. Dokter Mobil Cirebon adalah bengkel terpercaya dan berkualitas yang telah mempunyai sertifikat ISO 9001:2015

Mereka memberikan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan mobil kamu. Tempatnya yang sangat strategis memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menjangkaunya.

Percayakan service berkala dan tune up mobilmu disini. Kita bisa mendapatkan free general check up untuk mobilmu. Untuk kemudahan perawatan dan service mobilmu percayakan semuanya pada Dokter Mobil Cirebon saja, dijamin pasti puas.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil dan Seputar Masalahnya 2022

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents