šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Tentu saja, kamu pasti jengkel ketika tahu bahwa AC mobil tidak dingin ketika mengendarai mobil kesayangan. Kondisi AC yang tidak dingin, sebenarnya perlu diperhatikan agar kenyamanan ketika kamu mengemudikan mobil, tidak terganggu. Pasalnya, AC merupakan salah satu faktor kenyamanan ketika berada di dalam mobil.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin lagi. AC yang tidak dingin, bisa terjadi pada semua jenis serta merk mobil. Jadi bukan mobil tertentu saja yang bisa mengalami kondisi tersebut. Biasanya, angin masih keluar, namun tidak sedingin ketika awal menggunakan mobil tersebut.

Mungkin kamu juga cukup penasaran, mengapa AC mobil milikmu malah tidak dingin. Jika ingin mengetahui penyebabnya, silakan simak beberapa informasi berikut. Di artikel ini, sudah dirangkum beberapa penyebab utama yang dapat kamu ketahui.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

AC Mobil Tidak Dingin

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin. Jadi, bukan hanya satu penyebab saja. Mengetahui beberapa penyebabnya, tentu sangat penting. Pasalnya, kamu harus memperbaiki AC yang tidak dingin tersebut sesuai dengan penyebabnya.

Jika tidak maka sia-sia saja usahamu memperbaikinya. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin? Berikut ini informasi lengkap mengenainya.

  1. Freon Kurang atau Habis

Penyebab AC mobil jadi tidak dingin yang pertama, yakni freon dalam AC berkurang atau bahkan sudah habis. Freon, merupakan media pendingin yang terdapat pada segala jenis AC, termasuk AC mobil. Jika freon berkurang atau habis, maka tak heran kalau AC mobil jadi tidak dingin.

Biasanya AC mobil kehabisan freon lantaran beberapa hal. Misalnya saja, telah terjadi kebocoran sistem AC pada kondensor, evaporator, seal o-ring, ataupun kebocoran pada sistem AC lainnya. Akan lebih baik kalau kamu mencari titik kebocorannya atau masalah yang terjadi sebelum berusaha untuk menambah freon.

Masalah ini, jangan sampai dibiarkan terlalu lama agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada komponen lainnya.

  1. Driver Belt atau Fan Belt Putus

AC mobil tidak dingin yang kedua pengendara mobil, seringkali mengalami copot atau putusnya fan belt. Fan belt, merupakan suku cadang mobil yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor pada AC mobil. Jika fanbelt putus, maka kompresor tidak akan berputar. Hal tersebut akan menyebabkan kondensor tidak bisa bekerja secara optimal.

Maka dari itu, tak heran jika AC mobil yang kamu nyalakan, tidak dingin dan sekadar mengeluarkan angin saja. Silakan ganti fan belt dengan yang berkualitas serta memiliki daya tahan yang kuat serta tahan panas.

  1. Kondensor Kotor

Kondensor yang kotor, juga bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin yang ada pada mobil kesayanganmu. Pasalnya, kondensor memiliki fungsi untuk membuang panas yang dilepaskan oleh kompresor. Tentu saja, hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa AC mobil milikmu jadi tidak dingin.

Kondensor yang kotor, bisa saja disebabkan lantaran kamu jarang membersihkannya secara rutin. Ketika tidak membersihkannya, maka akan terdapat banyak kotoran yang menumpuk atau bahkan menimbulkan karat pada kondensor. Kerusakan bisa semakin parah jika kotoran yang menempel sudah terlalu banyak.

  1. Motor yang Terdapat pada Extra Fan Mati

Selain beberapa penyebab di atas, ada juga penyebab lainnya. Mungkin saja, motor yang ada pada extra fan mati. Silakan melakukan pengecekan berputar atau tidaknya extra fan. Pasalnya, extra fan yang rusak ataupun tidak berputar, akan mempengaruhi kondensasi dan membuatnya tidak berjalan optimal.

Padahal, kondensasi merupakan proses yang penting guna membantu penurunan tingkat suhu yang ada dalam kondensor. Maka dari itu, jika extra fan mati, maka tidak akan terjadi penurunan suhu dalam mobil. Inilah alasan yang menyebabkan kabin mobil memiliki suhu panas.

  1. Magnetic Clutch Mengalami Kerusakan

Magnetic clutch atau katup magnet, merupakan salah satu bagian kompresor AC mobil. Fungsinya yakni menghubungkan kompresor dengan putaran mesin lewat drive belt. AC mobil bisa saja tidak berfungsi, kalau magnetic clutch yang terdapat pada kompresor mengalami kerusakan.

Magnetic clutch bisa rusak disebabkan oleh pengoperasian AC yang kurang tepat. Misalnya, menyalakan AC dengan suhu yang terlalu rendah. Hal tersebut akan menyebabkan magnetic clutch jadi sering putus-sambung. Agar tidak mengalami hal tersebut, baiknya mengatur suhu AC paling dingin ketika mobil dalam kecepatan tinggi.

Dibaca Juga: Bengkel Cirebon Cuci AC Mobil Tanpa Bongkar

Selain ketika mobil berkecepatan tinggi, usahakan mengatur suhu AC paling rendah dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja, hal ini bertujuan agar magnetic clutch serta berbagai komponen AC lainnya bisa lebih awet. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan komponen yang asli agar tidak sering mengalami kerusakan yang sama.

  1. Kompresor Mengalami Aus

Ketika kompresor yang merupakan salah satu komponen dalam sistem AC mengalami aus atau bahkan rusak, biasanya terlihat sight glass yang berwarna hitam. Hitamnya sight glass, menjadi indikator bahwa expansion value atau receiver dryer terhambat. Terhambatnya hal tersebut, bisa jadi lantaran adanya kotoran.

  1. Kelebihan Oil Kompresor

Pada sistem AC mobil, ada refigerant atau freon yang fungsinya sebagai media menyerap panas dari ruangan sekitar. Selain itu, freon akan membuat ruang kabin lebih dingin. Freon, nantinya akan bersirkulasi secara terus menerus lantaran dipompa oleh kompresor AC mobil.

Selain itu, juga ada fluida yang mengalir, yakni oil kompresor. Oil kompresor, berfungsi sebagai pelumas piston yang ada pada kompresor. Pada setiap mobil, ada takaran tertentu. Jadi, jangan terlalu kurang atau terlalu berlebihan. Jika berlebihan, biasanya berdampak pada sistem pendingin. Hal tersebut membuat tabung dryer jadi mampet.

Akibatnya, freon AC tidak bisa bersirkulasi dengan baik dan AC mobil sudah pasti jadi kurang dingin atau tidak dingin sama sekali. Pastikan kamu mengetahui berapa jumlah atau takaran oil kompresor dari mobil yang kamu kendarai agar tidak kurang atau tidak berlebihan.

  1. Evaporator AC Mobil Kotor atau Tersumbat

Penyebab lainnya yang bisa menjadikan AC mobil tidak dingin, yakni evaporator yang ada pada mobil terlalu kotor atau mungkin tersumbat. Kalau debu atau ada kotoran yang menyumbat, aliran udara yang keluar dari blower juga terhambat. Hal ini akan membuat sirkulasi AC mobil terganggu.

Dan tentu saja, ini merupakan salah satu penyebab mengapa AC mobil jadi tidak dingin lagi. Kotoran tersebut, bisa masuk ke evaporator lantaran hisapan blower yang tersambung ke evaporator. Selain itu, kalau kamu jarang membersihkan filter AC, hal ini juga bisa terjadi.

Lantas, Bagaimana Jika Sudah Mengetahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin?

Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, tentu saja langkah selanjutnya yakni dengan melakukan perbaikan atau perawatan. Kamu bisa memperbaikinya sendiri. Namun jika terlalu merepotkan, bawa saja ke Dokter Mobil Cirebon. Di Dokter Mobil, kamu akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Dokter Mobil, merupakan salah satu spesialis AC mobil tidak dingin yang sudah sangat berpengalaman. Selain spesialis AC, kamu juga bisa Tune Up mobil agar performanya lebih ngacir. Selain itu, masih ada layanan Free General Chek Up mobil juga. Cek kondisi mobil, tanpa perlu keluar biaya.

Masalah pengerjaan, tidak perlu khawatir. Dokter Mobil, sudah memiliki peralatan, perlengkapan, dan memiliki teknologi canggih yang sudah terstandardisasi ISO 9000:2015. Jadi, kalau punya masalah pada mobil kesayangan seperti AC Mobil Tidak Dingin, Dokter Mobil adalah jawaban paling tepat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5122

No votes so far! Be the first to rate this post.

AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents