📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil

Thermostat Mobil, Fungsi, Cara Kerja, dan Perawatan2022

Mesin mobil yang bergerak akan menghasilkan gesekan. Gesekan antar komponen akan menghasilkan panas yang bisa mempercepat proses pengrusakan. Guna mengurangi panas yang timbul maka mobil harus dipasangi thermostat mobil. Komponen thermostat berfungsi sebagai pendingin mesin mobil yang mencegah terjadinya overheat.

Proses perawatan dari komponen tadi harus dilakukan rutin agar terhindar dari kerusakan. Kerusakan komponen ini yang parah mengharuskan pemilik mobil mengganti dengan komponen baru. Mengenai fungsi, cara kerja dan perawatan yang lebih lengkap maka Anda perlu membaca ini sampai selesai.

Mengetahui Fungsi Thermostat Mobil dan Cara Kerja

Mobil lawas dan modern selalu dilengkapi dengan thermostat. Komponen itu termasuk ke dalam sistem pendingin pada mesin kendaraan.Bagaimanapun thermostat berfungsi mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil. Dalam menjalani fungsinya, thermostat memiliki dua macam katup yakni logam otomatis dan katup yang fungsinya berbeda.

Katup tadi akan berguna untuk mengalirkan air panas agar suhunya segera didinginkan dan air dingin untuk menyerap panas dari gesekan mesin.

Thermostat mobil yang bekerja dengan baik mampu melancarkan kinerja mesin untuk menghasilkan tenaga besar. Mobil yang mengalami kerusakan parah di bagian komponen ini sudah pasti akan menyebabkan mesin tidak mampu menghasilkan tenaga sama besar dengan ketika thermostat mobil masih baik.

Selepas dari fungsinya, sebaiknya pemilik mobil juga perlu mengetahui cara kerja dari thermostat mobil. Cara kerja dari komponen tersebut adalah dihubungkan dengan komponen lain yang ada dalam sistem pendingin mobil.

Proses pendinginan thermostat mobil dimulai dari pompa air mengalirkan air melewati water jacket. Selanjutnya air akan mengalir ke seluruh sistem pendingin yang bersinggungan dengan mesin.

Suhu panas yang dihasilkan mesin akan diserap oleh air yang melewati selang di sekitar mesin. Suhu mesin yang sudah mencapai 85 – 90 derajat Celcius akan memacu katup thermostat terbuka. Lalu saat suhu sudah sedang turun akan membuat katup thermostat tertutup. Proses pembukaan dan penutupan dari katup akan berulang terus secara otomatis.

Dengan kata lain pengemudi hanya perlu fokus berkendara tanpa harus mengendalikan pembukaan dan penutupan katup thermostat.

Ketahui Kerusakan pada Komponen Ini

Pemilik mobil harus selalu update terhadap pengetahuan seputar mobilnya. Pahami juga mengenai jenis kerusakan yang terjadi pada komponen ini. Beberapa kerusakan yang sering terjadi di thermostat dapat Anda ketahui berikut.

  1. Katup yang Selalu Terbuka Meski di Suhu Ruang

Apabila mesin mobil dimatikan, katup thermostat yang dalam kondisi baik pasti akan secara otomatis tertutup. Namun kondisi komponen yang rusak bisa saja berada di bagian katupnya sehingga katup tetap terbuka ketika mesin mobil dimatikan dan sudah bersuhu ruang. Bagian katup baru akan terbuka ketika mesin menyala dan sudah mencapai suhu di atas 85 derajat Celcius.

Katup yang terus terbuka juga bisa menjadi penanda adanya masalah di aliran air pendingin atau pada pompa airnya. Apabila kondisi ini terjadi pada mobil Anda maka penanganan hanya dapat dilakukan oleh ahlinya saja. Anda cukup membawa mobil menuju bengkel terpercaya dan membiarkan perbaikan dilakukan oleh mekanik handal.

Adakalanya kerusakan parah pada komponen ini mengharuskan pemilik mobil untuk mengganti dengan yang baru. Jika memang diperlukan penggantian thermostat maka bagian mekanik akan memberitahu dahulu kepada Anda. Apabila tidak setuju maka mekanik tidak akan melakukan penggantian dengan komponen yang baru.

  1. Thermostat Macet

Masalah yang juga sering terjadi pada thermostat adalah macet. Kondisi ini berbanding terbalik dengan kondisi yang pertama. Setiap kali mesin menyala dan sudah mencapai suhu 90 derajat Celcius tetapi katupnya tidak segera terbuka. Kondisi tersebut kerap disebut thermostat mobil macet.

Thermostat yang macet katupnya tidak akan bisa mengalirkan air menuju ke mesin. Penyerapan suhu oleh air jadi tidak terlaksana sehingga mesin mobil dapat mengalami overheat. Jika Anda menyadari katup mobil tidak mau terbuka disarankan untuk segera bawa ke bengkel.

Anda juga bisa mencegah kerusakan dengan service reguler. Lakukan service juga setiap kali mobil akan dipakai melakukan perjalanan jarak jauh. Mekanik akan melakukan pemeriksaan menyeluruh hingga ke bagian thermostat mobil. Namun tidak ada salahnya juga memberikan petunjuk perbaikan kepada mekanik agar kerusakan tidak semakin parah.

  1. Mesin Bekerja Perlu Waktu Terlalu Lama

mesin

Permasalahan yang juga sering terjadi pada thermostat mobil adalah kinerja mesin yang terlalu perlu waktu lama. Mobil yang memberikan respon begini menunjukkan ada yang bermasalah di bagian thermostat. Apabila katup lebih sering terbuka biasanya akan membuat kondisi pendinginan tidak berlangsung baik.

Suhu kerja mesin yang optimal tidak segera tercapai dan membuat respon mesin menjadi lebih lama. Masalah ini hanya bisa diselesaikan dengan bantuan orang berpengalaman seperti mekanik handal. Disarankan bagi siapa saja yang mobilnya juga mengalami masalah ini untuk segera membawa mobil ke bengkel berkualitas.

  1. Bahan Bakar Terlalu Boros

Semakin baru seri mobil maka mesin akan didesain menggunakan bahan bakar yang semakin efisien. Namun kerusakan pada thermostat juga bisa membuat mesin menggunakan bahan bakar dengan boros. Bagi pemilik mobil yang mulai mendapati mobilnya mengkonsumsi terlalu banyak bahan bakar daripada normalnya maka segera datang ke bengkel.

Adakalanya kerusakan pada thermostat membuat pendinginan pada mesin terlalu cepat. Padahal mesin juga perlu suhu optimal untuk bisa bekerja dan mengkonsumsi bahan bakar lebih efisien. Kalau sedikit-sedikit harus isi bensin sudah pasti akan mengganggu kenyamanan pengemudi. Semakin tidak nyaman bila Anda harus melakukan perjalanan jarak jauh tetapi justru mesin mengalami masalah di bagian thermostat.

  1. Mesin sering Overheat

Sebuah mobil yang mengalami overheat bisa membahayakan pengemudi dan penumpangnya. Mobil yang overheat memiliki ciri-ciri berupa mobil berjalan dengan tidak lancar, AC menyemburkan angina yang lebih panas dari biasanya, dan tenaga mobil berkurang.

Pengemudi juga bisa melihat tanda-tandanya dari bagian indicator suhu atau check engine. Apabila indicator tadi menyala maka harus mencari tahu kerusakan terjadi dimana, karena bisa saja kerusakan terjadi di bagian thermostat. Segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diberikan pemeriksaan dan perbaikan.

Perbaikan di area thermostat bukan hal mudah sehingga tidak dapat ditangani oleh orang awam. Selain itu, Anda tidak boleh membawa mobil yang mengalami kerusakan thermostat mobil ke sembarang bengkel. Pastikan bengkel yang didatangi hanyalah yang berkualitas dan sudah memenuhi standar, seperti Dokter Mobil.

Dokter Mobil menyediakan free general check up untuk memeriksa apakah ada kerusakan di mobil pelanggan. Jenis layanan yang disediakan juga bermacam-macam mulai dari service sampai tune up. Apabila diperlukan penggantian dengan spare part baru maka mekanik kami akan menjelaskan kepada pelanggan.

Baca Juga : Tips Memilih Bengkel Tune Up Mobil Cirebon Terbaik

Bagian mekanik juga akan menjelaskan tentang harga dari setiap spare part sehingga tidak mengagetkan pelanggan. Apabila pelanggan tidak bersedia diganti dengan spare part baru maka mekanik akan mengikuti arahan pelanggan, termasuk di bagian thermostat mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Cek Fungsi Pompa Bensin Mobil

Thermostat Mobil, Fungsi, Cara Kerja, dan Perawatan2022

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents