📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio 2022 dan Perawatan

Perusahaan motor asal Jepang yang tersohor bernama Honda kembali merilis Honda Genio 2022. Seri baru Genio ini menawarkan spesifikasi unggul dengan kisaran harga Rp 18 juta hingga Rp 18,46 juta.

Setiap seri yang dikeluarkan ini dilengkapi mesin berbahan bakar di Indonesia. Anda yang berminat untuk membeli diharuskan mengetahui spesifikasi sekaligus cara perawatannya.

Cocokkan antara spesifikasi skuter terhadap kebutuhan bepergian Anda. Sedangkan mengetahui cara perawatan diharapkan mampu membuat usia motor awet dan bisa digunakan hingga puluhan tahun mendatang. Langsung saja kita bahas tentang spesifikasi dan perawatan dari skuter berdesain mirip motor jadul ini.

Informasi Seputar Honda Genio 2022

Tema bentuk secara umum dari skuter ini mirip Scoopy yang mengusung motor jadul. Motornya sendiri juga mendapatkan desain yang terkesan modern meskipun mengusung tema jadul. Anda yang berkeinginan mengetahui informasi seputar spesifikasi dan fitur-fiturnya dapat simak ini hingga selesai.

  1. Spesifikasi

Pembahasan terpenting mengenai suatu motor berkaitan dengan spesifikasi. Honda Genio sendiri sudah dilengkapi dengan mesin bahan bakar yang terbaru. Bagian start option sudah memanfaatkan Electric dan juga Kick Start. Bagian Front Brake sudah mengaplikasikan teknologi pengereman Disc.

Pengendara dapat melajukan kendaraan secara maksimal hingga 8,87 horse power. Sedangkan bagian displacement berkapasitas 110 cc. Pada mesinnya sudah terpasang jenis pipa exhaust berupa single exhaust. Jumlah silinder yang dipasang sebanyak 1.

Tipe drive yang ditawarkan melalui Honda Genio 2022 ini sudah berupa belt drive. Mesinnya sendiri juga punya desain pembakaran bahan bakar lebih efisien dan sudah memenuhi standar Euro 3. Kapasitas penampungan bahan bakar bisa sampai 4,2 liter.

Para pengendara akan bisa melajukan skuter ini sampai kecepatan 94 kmph. Putaran rpm yang bisa dihasilkan untuk memproduksi power maksimal sebesar 7.500 rpm. Jenis lubrikasi yang dipakai adalah jenis basah dengan sistem pendinginan berupa air cooled.

  1. Indikator dan Desain

Hal yang menarik untuk dibahas dari Honda Genio seri terbaru ini adalah bagian indikatornya. Pengendara akan bisa melihat adanya indicator pencahayaan.

Kapasitas baterai Honda Genio yang mencapai 3 Ah dan daya baterai 12 V. Bagian tail lamp alias lampu belakang masih memanfaatkan bulb. Sedangkan bagian lampu depan sudah memanfaatkan LED.

Pemanfaatan LED memungkinkan untuk menghemat bahan bakar karena konsumsi energi yang sedikit. Dilanjutkan dengan pembahasan seputar dimensi dan desainnya. Bagian kapasitas tempat duduk dapat menampung sampai 2 orang.

Ground clearance berukuran 147 mm dan tinggi motor 1061 mm yang bisa membuat penumpang dan pengendara nyaman melangsungkan perjalanan di dalam perkotaan. Kapasitas dari tangki terhitung cukup besar. Sedangkan bagian dimensi panjang dan lebar adalah 1869 mm dan 692 mm.

  1. Gear, Transmisi, dan Roda

Pada skuter Honda Genio ini sudah menggunakan gear box berupa variable speed. Jenis transmisi yang terpasang di motor ini berupa CVT. Pembahasan kemudian akan berlanjut untuk bagian sistem perodaan.

Motor desain skuter jadul tersebut sudah menggunakan sistem perodaan berteknologi terkini. Ukuran roda depan Honda Genio adalah R14. Sedangkan ukuran ban depan 80/90 R14 dengan jenis ban radial dan tubeless.

Bagian belakang dari perodaan juga berukuran sama yakni R14. Jenis ban belakang yang terpasang berupa 90/90 R14. Pembahasan yang berikutnya akan berkaitan tentang beberapa pro dari penilaian spesifikasinya.

Penilaian secara keseluruhan dari Honda Genio adalah punya body yang cool dan berbeda dari kebanyakan skuter yang beredar di Indonesia. Desainnya memiliki tambahan sentuhan modern. Bagian dimensi kendaraan punya space pengendara yang cukup senggang. Kapasitas penampungan tangki juga dinilai cukup besar karena dapat menampung hingga 14 liter.

Terdapat ruang penyimpanan motor yang juga cukup luas. Memungkinkan pengendara untuk menyimpan tas, jaket, dan juga sarung tangan di ruang penyimpanan tersebut. Fitur mengagumkan yang ditawarkan motornya adalah tersedia soket charging sehingga dapat dipakai untuk mengisi baterai smartphone selama berkendara.

Sisi positif dari kendaraan ini juga terletak di bagian suspensi dan chasis. Bagian suspensi dan chasis menawarkan banyak perubahan berarti. Bagian frame di sistem perodaan membuat sistem kontrol skuternya menjadi lebih mudah, terutama untuk menghadapi kemacetan.

Sistem Perawatan dari Honda Genio

Anda sudah mengetahui tentang spesifikasi dari skuternya. Penting juga mengetahui bagaimana proses perawatannya. Penjelasan secara lebih rinci akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Service Rutin

Semua kendaraan baik roda dua maupun empat harus selalu dilakukan service rutin. Kendaraan keluaran perusahaan Honda ini perlu dibawa ke bengkel setiap 1.000 km. Apabila pemilik motor jarang menggunakannya dan jarak yang ditempuh belum sampai 1.000 km maka 2 bulan sejak ada di konsumen tetap harus dibawa ke bengkel.

Servis dilakukan kembali ketika motor sudah mencapai jarak 4.000 km atau sudah sampai 4 bulan setelah diterima pembeli. Usahakan untuk melakukan servis di bengkel terpercaya agar pemeriksaan dilakukan hanya oleh mekanik yang handal.

  1. Rutin Memanaskan Motor

Adakalanya pandemi membuat para pemilik motor ini untuk bepergian hanya saat darurat saja. Misalkan membeli kebutuhan harian dan pergi bekerja. Apabila diberlakukan PPKM dan banyak kantor melaksanakan WFH maka pemilik motor tetap diharuskan memanaskan secara rutin.

Proses pemanasan kendaraan dapat membuat oli dalam mesin teraliri lebih maksimal. Komponen mesin yang teraliri oli sudah pasti dapat membantu merawat mesinnya dari bahaya korosi. Panaskan kendaraan kurang lebih 5 hingga 10 menit. Disarankan untuk memanaskan pakai kick stater saja untuk mencegah pengurangan baterai dari skuternya.

  1. Penggantian Oli Teratur

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah ganti bagian oli secara teratur. Oli yang diganti secara teratur dapat membantu membersihkan komponen mesin dari kotoran yang bisa menimbulkan korosi. Penggantian oli perlu dilakukan setelah motor mencapai 1.000 km. Sedangkan oli gardan maksimal dilakukan setelah motor menempuh jarak 5.000 km.

Namun Anda yang melupakan acuan kilometernya maka lakukan saja penggantian rutin setelah 2 sampai 3 bulan. Gunakan oli yang berkualitas tinggi sehingga perlindungan terhadap komponen mesin semakin terjamin. Komponen yang dilindungi oli berkualitas akan mampu bertahan dalam waktu lama.

  1. Perawatan Aki Rutin

Hal yang juga harus dilakukan terhadap skuter ini adalah perawatan aki rutin. Aki yang habis masa pakai akan membuat mesinnya tidak dapat dinyalakan. Kalau sampai susah distarter ketika di jalan sudah pasti akan membuat pengemudi kerepotan. Aki yang kurang juga akan membuat nyala lampu berkurang sehingga pencahayaan tidak terang di malam hari.

Anda memutuskan untuk membeli Honda Genio 2022 setelah membaca bagian spesifikasinya. Cobalah untuk melakukan perawatan rutin hanya di bengkel terpercaya Dokter Mobil. Dokter Mobil menyediakan jenis perawatan motor yang dilakukan oleh mekanik handal dan professional.

Baca Juga : Wiper Mobil Paling Bagus di Cirebon Menjelang Tahun 2022

Dokter Mobil juga menyediakan free general check-up untuk bisa mengetahui ada kerusakan di motor pelanggan atau tidak. Dalam melakukan perbaikan mobil, bengkel ini selalu dibantu dengan mesin canggih. Bahkan setiap penggantian spare part akan dilakukan hanya dengan spare part asli saja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio 2022 dan Perawatan

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents