📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Relay Klakson Mobil

Relay Klakson Mobil, Fungsi, Tujuan, Serta Cara Pemasangannya 2022

Relay klakson mobil merupakan salah satu komponen penting yang harus ada. Hal tersebut dikarenakan alat ini menjadi penanda untuk menghindari terjadinya kecelakaan dengan cara memberikan tanda berupa bunyi. Kerusakan yang terjadi pada bagian ini dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pemasangan relay pada klakson aftermarket sangat penting dilakukan agar komponen tersebut tidak mudah rusak. Jenis klakson ini cenderung memiliki suara dan daya yang lebih besar jika dibandingkan dengan klakson standar bawaan mobil. Pemasangan relay ini bertujuan agar aki mobil tidak cepat habis.

Fungsi dan Tujuan Dari Relay Klakson Mobil

Setiap komponen yang ada dalam mobil pasti memiliki fungsinya tersendiri, begitu juga untuk bagian relay. Bagi kamu pengguna mobil tentu saja harus paham mengenai fungsi dari relay klakson mobil. Berikut merupakan berbagai fungsi yang dimiliki oleh relay pada mobil yang wajib diketahui.

  1. Tujuan Pemasangan Relay Klakson Pada Mobil

Relay klakson mobil merupakan standar bawaan mobil. Pemasangan relay ini memiliki berbagai tujuan serta manfaat yang diberikan. Pemasangan relay ini bertujuan untuk menjaga kestabilan daya listrik yang dikeluarkan dari klakson.

Selain itu, dengan melakukan pemasangan relay ini juga akan menjadikan arus listrik tersebut ditarik menjadi tidak terlalu besar dan menjadikan aki lebih awet. Adapun, jika kamu ingin menggunakan relay sebaiknya menggunakan relay dengan spesifikasi 12 Volt dan 30 -40 Ampere.

  1.     Berperan Agar Arus Listrik Yang Mengalir Tetap Stabil

Fungsi dari relay klakson mobil yang pertama yaitu, agar arus listrik yang dialirkan tetap stabil. Ketika mobil mengalami hambatan pada arus listrik, maka akan menyebabkan kinerja dari komponen elektromagnetik menjadi terganggu. Hal tersebut akan mengakibatkan bunyi yang dikeluarkan klakson menjadi tidak nyaring dan lampu tidak akan terang.

Sehingga, pemasangan relay berfungsi untuk meminimalisir terjadinya hambatan arus dan menjadikan listrik mengalir lebih stabil. Sehingga, dengan adanya komponen relay ini akan memperpendek rangkaian yang menjadikan arus listrik tidak berkurang dan dapat disalurkan secara maksimal.

  1.     Berperan Untuk Memperpanjang Usia Saklar

Fungsi relay klakson mobil berikutnya yaitu, dapat memperpanjang usia saklar. Arus listrik yang cukup besar dibutuhkan agar relay pada mobil dapat bekerja dengan baik. Pemasangan relay tersebut akan menjadikan arus listrik mengalir melewati saklar.

Saklar pada relay memiliki fungsi sebagai sarana pembangkit listrik. Selanjutnya, arus listrik tersebut akan mengalir ke lampu mobil, komponen elektromagnetik, kompresor AC, dan komponen lainnya. komponen relay ini berperan agar saklar memiliki daya tahan yang lebih lama.

  1.     Untuk Mengunci Mobil

Fungsi relay klakson mobil yang terakhir yaitu, berperan untuk penguncian mobil. Komponen ini berperan agar arus listrik pada mobil jadi lebih aman. Relay ini akan menjadi tempat untuk menghubungkan serta memutus arus listrik secara otomatis.

Arus listrik yang dialirkan pada mobil akan menjadi lebih lancar, sehingga aktivitas dari elektromagnetik mobil jadi lebih aman. Selain itu, arus yang masuk pada klakson mobil juga akan lebih lancar dan membuat suara yang dihasilkan jadi lebih keras dan nyaring.

Cara Pasang Relay Klakson Untuk Mobil

Setelah mengetahui tujuan, fungsi dari relay klakson mobil selanjutnya kamu juga perlu mengetahui cara pemasangannya. Adanya komponen relay ini dapat meminimalisir klakson mobil jadi cepat rusak. Di bawah ini merupakan tata cara pemasangan relay klakson mobil yang tepat.

1.     Mencari Klakson Standar

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, mencari klakson standar. Kemudian kamu bisa melanjutkan dengan melepaskan kabel-kabel untuk mengambil bagian klaksonnya. Selanjutnya, kamu perlu memeriksa daya dari kabel klakson tersebut apakah ada daya 12 volt atau tidak. Ketika tidak ditemukan daya pada tombol klakson, maka periksalah kontinuitasnya.

2.   Menghubungkan Kabel Relay Pada Terminal 85

Langkah berikutnya dalam pemasangan komponen relay pada mobil yaitu, kamu harus menghubungkan ke kabel relay pada terminal 85. Jika proses tersebut telah selesai, selanjutnya kamu hubungkan terminal 86 pada logam kendaraan dengan menggunakan kawat pengukur 16.

3.   Menghubungkan Kabel Klakson Ke Terminal 86

Jika proses sebelumnya telah berhasil dan dilakukan dengan tepat, maka kamu harus melanjutkan ke proses berikutnya yaitu, dengan menghubungkan kabel klakson ke bagian terminal 86.

Setelah itu, hubungan bagian terminal 85 ke bagian terminal 86. Jika sudah beres dilakukan dengan tepat, selanjutnya kamu harus memastikan bahwa kabel kontinuitas antara ground kendaraan dengan kabel klakson jika kedua komponen tersebut membutuhkan kabel relay yang berbeda.

4.   Pemasangan Klakson Baru

Setelah melakukan cara-cara di atas dengan sesuai dan tepat, maka proses pemasangan akan dilanjutkan pada tahapan pemasangan klakson yang baru. Pastikan kabel-kabel sebelumnya telah terhubung sebagaimana mestinya.

Pemasangan klakson baru dengan relay dilakukan pada lokasi yang sama. Pada saat proses pemasangan ini disarankan agar lebih dekat dengan baterai. Hal tersebut bertujuan agar dapat lebih meminimalisir budget.

5.     Hubungkan Terminal Cincin

Setelah proses di atas dilakukan sesuai instruksi, selanjutnya, pada tahapan terakhir ini kamu perlu menghubungkan bagian terminal cincin tanpa bantuan solder. Setelah itu, sambungkan ke terminal positif di bagian baterai kendaraan. Proses ini perlu dilakukan tanpa bantuan konektor butt tanpa solder.

Kamu harus merentangkan bagian sisi lain dari dudukan dan sambungan ke bagian terminal 30 dengan konektor tanpa solder. Sebagai alat bantu, kamu bisa memanfaatkan kawat pengukur untuk menyambungkan terminal 87 ke bagian klakson mobil.

Pemasangan relay klakson mobil bisa dikatakan tidak begitu sulit jika kamu paham betul, tetapi hal tersebut akan menjadi sulit jika kamu tidak terlalu paham. Sehingga, untuk kamu yang mengalami kendala tersebut lebih baik melakukan pemasangan relay klakson di bengkel yang terpercaya agar tepat dan memberikan hasil yang maksimal.

6.     Gunakan Jasa Bengkel

Jasa Bengkel

Pemilihan bengkel yang tepat tidak bisa sembarangan karena berkaitan dengan kualitas. Salah satu bengkel yang bisa kamu pilih untuk menangani berbagai permasalahan pada mobil yaitu, Dokter Mobil. Bengkel tersebut dapat melayani pemasangan relay klakson mobil kamu dengan tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Selain itu, bengkel Dokter Mobil juga dapat melakukan pekerjaannya dengan cepat karena telah didukung oleh berbagai alat yang memadai serta hanya mempekerjakan tenaga ahli yang profesional di bidangnya saja. Meskipun prosesnya cepat, kamu tidak perlu khawatir akan hasil yang diberikannya karena telah memenuhi standar internasional.

Baca Juga : Ingin Mobilmu Sehat? Inilah Tips Memilih Bengkel Mobil Terdekat Cirebon

Demi menambah kepercayaan konsumen terhadap bengkel, Dokter Mobil juga menawarkan garansi panjang atas pekerjaan yang dilakukannya. Tidak seperti bengkel lainnya, Dokter Mobil memberikan jaminan garansi uang kembali 100% jika hasil dari pekerjaannya tidak memuaskan konsumen.

Relay klakson mobil memiliki peran yang cukup penting. Sehingga, pemasangannya harus tepat. Bengkel Dokter Mobil selain memiliki pelayanan pemasangan relay klakson juga memiliki pelayanan lain seperti tone up, service rutin dan lainnya. selain itu, bengkel ini juga menawarkan Free General Checkup untuk mobil kamu.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Relay Klakson Mobil

Relay Klakson Mobil, Fungsi, Tujuan, Serta Cara Pemasangannya 2022

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents