📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

prinsip kerja motor DC dan Motor Listrik

Ketahui Tentang Prinsip Kerja Motor DC dan Motor Listrik

Didalam sebuah mobil pasti ada beberapa mesin motor yang menggerakkannya. Bila kamu menyukai bidang otomotif dan elektronika pasti tidak asing dengan istilah motor DC dan motor listrik. Perangkat ini umumnya digunakan pada beberapa alat ektronik seperti peralatan mesin industri, peralatan rumah tangga, kipas, AC mobil, non listrik dan lain sebagainya. Bagaimana sebenarnya prinsip kerja motor DC dan motor listrik berikut penjelasannya untukmu dikutip dari bermacam sumber.

Prinsip Kerja Motor DC dan Motor Listrik

prinsip kerja motor DC dan Motor Listrik

Motor DC merupakan perangkat elektronik yang mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor ini bekerja mengubah energi dengan mengambil daya listrik lewat arus searah yang diubah menjadi rotasi mekanis. Sedangkan pada motor listrik bekerja untuk mengubah arus listrik menjadi energi mekanik. Pada dasarnya prinsip kerja motor DC dan motor listrik adalah sama dan saling berkaitan.

Walaupun kedua motor ini memiliki prinsip kerja yang sama namun besaran interaksi medan magnetnya berbeda dan akan menimbulkan gaya untuk memutar kumparan.

Pada motor listrik mempunyai 4 prinsip kerja yaitu AC, DC, Sinkron dan Induksi. Sehingga motor DC ini juga merupakan elemen dari motor listrik. Prinsip kerja motor DC dan motor Listrik ini dapat ditemukan bekerja bersinergi dalam sebuah sistem mesin AC mobil, berikut penjelasannya.

  1. Prinsip Kerja Motor DC

Prinsip kerja pada motor DC adalah dengan membalik phasa negatif dari gelombang sinusoidal menjadi gelombang yang memiliki bilah positif menggunakan komutator. Dengan sistem ini arus yang berbalik arah dengan kumparan jangkar yang berputar dalam medan magnet menghasilkan tegangan (GGL).

Seperti inilah mekanisme prinsip kerja motor DC secara umum didalam :

  • Arus listrik yang dihasilkan oleh medan magnet akan memberikan gaya
  • Apabila kawat pembawa arus dibentuk loop (lingkaran), kemudian kedua sisi loop itu yaitu sudut kanan medan magnet akan menghasilkan gaya dengan arah yang berlawanan
  • Kedua gaya yang diperoleh ini kemudian akan membentuk suatu tenaga putar atau torque dan berfungsi untuk memutar kumparan
  • Tenaga putaran yang seragam akan diberikan oleh loop pada dynamo
  • Kumparan medan akan menghasilkan medan magnet dari susunan elektromagnetiknya.

Dari sini kita bisa mengetahui jika prinsip kerja motor DC ini adalah apabila arus melewati sebuah konduktor, maka akan muncul medan magnet di sekitar konduktor itu. Medan magnet itu hanya akan ada apabila di sekitar konduktor ada yang mengaliri arus padanya. Arah medan magnet ini ditentukan oleh arah aliran arus pada konduktor.

Prinsip utama motor DC bergantung pada dua komponen utama yaitu rotor dan stator sehingga mendukung prinsip kerja motor DC dan motor listrik. Dua komponen ini bergerak menggunakan fenomena elektromagnetik. Yaitu ketika aliran listrik sampai pada bagian kumparan, kemudian permukaan yang utara akan bergerak otomatis ke sisi magnet selatan begitu pula sebaliknya.

Apabila terjadi pertemuan antara kedua sisi dari magnet ini, maka akan menyebabkan adanya reaksi saling tarik dan berdampak pada berhentinya pergerakan pada kumparan.

Prinsip kerja motor DC dan Motor Listrik untuk bergerak lagi, kedua kutub magnet ini harus saling berhadapan hingga aliran listrik pada kumparan menjadi terbalik sehingga menimbulkan reaksi tolak menolak dan terjadi pergerakan kumparan.

Apabila dikoneksikan pada sebuah jaringan listrik maka arus dari motor DC ini akan menjadi penyokong untuk prinsip kerja motor listrik.

Sehingga bisa dikatakan prinsip kerja motor DC dan motor Listrik ini adalah sama berkesinambungan. Pada saat motor DC membuat putaran maka motor listrik meneruskannya menjadi sebuah kinerja listrik yang berkelanjutan dan berulang hingga sebuah mesin dapat berjalan.

  1. Prinsip Kerja Motor Listrik

Prinsip kerja motor listrik banyak digunakan pada banyak barang – barang eletronik, misalnya AC sebagai pendingin udara. Prinsip kerja motor listrik sendiri terdiri atas 4 jenis yaitu DC, AC, Sinkron dan Induksi. Berikut ini penjelasan dari masing – masing prinsip kerja tersebut.

  • Prinsip Kerja Motor DC

Prinsip kerja motor listrik DC ini telah dijelaskan secara rinci diatas. Intinya prinsip kerja motor DC dan motor listrik saling berhubungan dan menjadi sebuah kesatuan. Karena dari arus DC lah timbul kelistrikan dengan arus yang searah.

  • Prinsip Kerja Motor AC

Prinsip kerja motor AC ini adalah menghasilkan arus listrik yang dua arah atau bolak balik. Sebuah motor AC digerakkan oleh sebuah arus bolak-balik (AC) dan terdiri dari dua bagian dasar yaitu :

    • Stator yang diam dan memiliki lilitan (koil) kemudian nantinya disuplai arus AC agar menghasilkan medan magnet berputar
    • Rotor di bagian dalam yang disambungkan dengan poros keluaran kemudian diberi torsi putar oleh medan magnet berputar

Terdapat dua jenis motor AC, tergantung pada tipe rotor yang digunakan, yaitu :

    • Motor sinkron (serempak) yang perputarannya sesuai dengan frekuensi yang disuplai atau sepersekian kali dari frekuensi suplainya. Medan magnet di rotornya dihasilkan oleh arus yang melalui slip ring atau sebuah magnet permanen.
    • Motor induksi adalah motor yang berputar sedikit lebih lambat dibandingkan frekuensi yang disuplai. Medan magnet pada rotor menghasilkan sebuah arus induksi pada motor jenis ini.
  • Prinsip Kerja Motor Sinkron

Motor Sinkron yang prosesnya bergantung pada prinsip kerja motor DC dan Motor Listrik satu ini tidak bergantung pada arus induksi. Ini terjadi akibat rotor pada motor sinkron merupakan magnet permanen yang disinkronkan dengan medan magnet berputar. Putaran yang dihasilkan cenderung sinkron dengan frekuensi arus yang dihasilkan olehnya.

Keuntungan dari pada prinsip kerja motor DC dan Motor Listrik sinkron adalah arus eksitasinya dapat diatur dengan sangat mudah. Selain itu kecepatannya konstan dimana operasi sistem pada kerja motor sinkron cukup butuh dibawah 500 RPM.

  • Prinsip Kerja Motor Induksi

Motor induksi lebih dikenal dengan mesin asinkron. Motor induksi ini tergolong unik, karena mesinnya beroperasi tidak dengan kecepatan sinkron. Komponen yang satu ini terdiri dari dua jenis yaitu induksi tiga phase dan induksi satu phasa. Kedua phasa ini tentu saja mempunyai fungsi yang sangat berbeda.

Demikian penjelasan tentang prinsip kerja motor DC dan Motor Listrik yang saling berkesinambungan dalam sebuah sistem di dalam mobil ataupun alat elektronik lainnya.

Apabila kamu mempunyai hambatan dalam mengetahui kerusakan atau ketidaknormalan dalam kinerja mobilmu maka segeralah datang ke bengkel Dokter Mobil Cirebon. Disini segala persoalan dan keluhan tentang kerusakan mobilmu akan ditangani dengan sangat memuaskan dan bergaransi.

Baca Juga : Ingin Mobilmu Sehat? Inilah Tips Memilih Bengkel Mobil Terdekat Cirebon

Pelayanan terbaik yang diberikan oleh Dokter Mobil Cirebon adalah free general check up untuk setiap mobil. Disini juga tersedia perawatan maksimal untuk mobilmu berupa tune up mobil dan service berkala.

Tune up mobil dapat mengembalikan performa mobil lama seperti baru kembali, mengurangi beban mesin dan membuatnya lebih awet. Tunggu apalagi segera bawa mobilmu ke Dokter Mobil Cirebon Cirebon untuk hasil yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2276

No votes so far! Be the first to rate this post.

prinsip kerja motor DC dan Motor Listrik

Ketahui Tentang Prinsip Kerja Motor DC dan Motor Listrik

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents