📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

penyebab kipas radiator mobil nyala terus

Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus dan Efeknya

Pada mobil yang normal kipas radiator akan mati saat mobil tidak digunakan. Tetapi pada beberapa kasus kipas radiator ini akan terus menyala bahkan ketika mesin belum dihidupkan yang tentunya akan berimbas buruk pada kinerja mobilmu. Dalam artikel kali ini, kamu akan mengetahui penyebab kipas radiator mobil nyala terus dan apa efeknya pada mobil kamu.

Kipas radiator merupakan komponen dalam mobil yang seharusnya menyala hanya saat mobil digunakan. Kondisi kipas radiator yang nyala terus akan membuat pengendara menjadi tidak nyaman dan sudah waktunya dibawa ke bengkel. Ada bengkel terpercaya yang bisa menangani keadaan ini dengan baik yaitu bengkel Dokter Mobil Cirebon. Percayakan urusan mobilmu pada Dokter Mobil Cirebon karena ada para ahli di bidangnya dan bergaransi.

Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus

penyebab kipas radiator mobil nyala terus

Sebelum membawa mobil ke bengkel, sebaiknya kamu tahu dulu dengan jelas apa yang menjadi penyebab kipas radiator mobil nyala terus. Meskipun terkesan sepele, tetapi kamu bisa mengetahui dengan pasti apa masalah yang terjadi pada kipas radiator mobilmu.

Kipas pendingin radiator adalah salah satu komponen yang diperlukan untuk mengalirkan udara yang masuk lewat kisi-kisi pada radiator. Udara yang masuk pada mesin ini sangat bermanfaat pada saat mobil berhenti. Tujuan utama dari pergantian pendingin konvensional itu adalah agar mesin mobil bisa bekerja lebih ekonomis dan efisien.

Kipas pendingin radiator dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

  • Manual fan

Digerakkan lewat sebuah poros engkol. Hal ini dapat ditemukan pada beberapa mobil dan kendaraan tradisonal Manual fan merupakan awal mula ditemukannya elektrik fan yang banyak digunakan oleh beberapa mobil baru belakangan ini.

  • Elektrik fan

Digerakkan oleh sebuah motor listrik. Elektrik fan memang sengaja diciptakan untuk menggantikan posisi manual fan. Karena untuk bisa menggerakkan manual fan kamu harus mempunyai alat yang bernama puly. Dia adalah komponen yang banyak digunakan oleh banyak mobil saat ini untuk menghemat bahan bakar dan mempercepat kinerja mesin mobil.

Sebenarnya kipas radiator ini memiliki beberapa fungsi pokok. Fungsi kipas radiator ini sangat berkaitan satu sama lain. Berikut beberapa manfaat penting dari kipas radiator mobil.

  • Menjaga keberadaan air pendingin tetap ada di suhu yang sesuai dengan mesin saat sedang bekerja.
  • Mendinginkan suhu kondensor AC supaya tetap pada kondisi normal
  • Meringankan beban mesin sehingga menjadi efisien kinerjanya
  • Bahan bakar menjadi lebih efisien (hemat BBM)

Ada beberapa penyebab kipas radiator mobil nyala terus seperti dijelaskan berikut ini :

  1. Adanya Kerusakan pada Water Temperature Sensor

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus yang pertama adalah adanya kerusakan pada water temperature sensor (WTS). WTS mempunyai nama lain yaitu Engine Coolant Temperature Sensor (ECT). Biasanya kerusakan ini terjadi karena korsleting atau short circuit. Nilai ketahanan WTS yang tetap 0 sedangkan arus listrik terus mengalir ke ECU.

Signal dari ECU menilai bahwa sinyal yang diterimanya merupakan penanda bahwa suhu air pendingin menjadi panas. Kemudian ECU secara otomatis mengaktifkan kipas radiator mobil sehingga terus berputar. Padahal mobil saat itu sedang berhenti sehingga akan memperberat kerja aki.

  1. Adanya Kerusakan pada Refrigerant Pressure Sensor

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus yang kedua adalah adanya kerusakan pada Refrigerant Pressure Sensor. Kerusakan ini menyebabkan kipas terus menyala ketika AC tidak dinyalakan.

Ketika kondisi normal saat AC tidak menyala, putaran kipas akan normal mengikuti kondisi pendingin mesin. Tetapi ketika terjadi kerusakan, maka ECU akan memerintahkan kipas radiator untuk terus berputar tanpa berhenti.

  1. Adanya Kerusakan pada Fan Control Unit

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus yang ketiga adalah adanya kerusakan fan control unit. Fan Control Unit merupakan microcontroller yang mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai dengan kebutuhan mesin.

Untuk saat ini sudah sedikit mobil yang menggunakan teknologi Fan Control Unit. Apabila mobilmu masih menggunakan teknologi ini, kamu sebaiknya lebih berhati – hati dan cepat membawa ke bengkel bila ada kerusakan di bagian ini.

  1. Adanya Kerusakan pada Relay Fan Radiator

Penyebab kipas radiator mobil nyala terus yang keempat adalah adanya kerusakan pada Relay Fan Radiator. Komponen ini adalah saklar elektrik dengan sistem elektromagnetik sesuai arus masuk dari kumparan.

Kerusakan pada komponen ini bisa terjadi akibat korsleting yang terjadi di dalam relay fan radiator. Umur mobil yang sudah tua ataupun terjadi suatu hal yang tidak biasa di bagian rangkaian komponennya adalah penyebab utama dari korsleting itu.

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebab kipas radiator mobil nyala terus, kamu bisa memikirkan tindakan apa yang tepat untuk dilakukan.

Jika kamu kebingungan dalam memilih bengkel yang terpercaya untuk masalahmu ini maka datanglah ke bengkel Dokter Mobil Cirebon terdekat di kotamu. Dokter Mobil Cirebon memiliki banyak teknisi ahli di bidangnya dan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mengatasi seluruh masalah kerusakan mobilmu.

Beberapa Efek Penyebab Kipas Radiator yang Nyala Terus

Ibarat mesin yang terus menyala tanpa bisa berhenti, sudah pasti akan menimbulkan kerusakan di bagian mesin mobil apabila tidak segera ditangani. Membiarkan kipas radiator nyala terus sudah pasti akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk mobilmu. Berikut ini beberapa efek dari penyebab kipas radiator yang nyala terus, yaitu :

  1. Aki yang cepat habis

Salah satu efek dari kipas radiator mobil nyala terus adalah aki menjadi cepat habis. Hal ini menyebabkan sistem kelistrikan mobil menjadi tidak bekerja sempurna. Aktivitas kerja dan bepergian kamu akan terganggu. Maka penting sekali mengetahui penyebab kipas radiator mobil nyala terus.

  1. Boros bahan bakar

Efek lain yang ditimbulkan adalah mesin yang jadi boros bahan bakar dibarengi dengan tarikan yang tidak enak. Masalah kipas radiator yang terus nyala ini membuat mesin terus bekerja sehingga membuat boros bahan bakar dan tarikan tidak enak.  Ada baiknya kamu tahu masalah ini lebih awal, karena kamu bisa segera mengatasinya dan mengetahui penyebabnya dengan jelas.

Mobilmu mengalami kerusakan dengan penyebab kipas radiator mobil nyala terus seperti apa yang telah dijelaskan pada artikel ini maka jangan ragu segera bawa dia Mobilmu ke Dokter Mobil Cirebon.

Dokter Mobil Cirebon mampu memperbaiki seluruh keluhan tentang mobilmu. Mereka mempunyai teknisi ahli dan kompeten untuk memperbaiki kerusakan pada mobilmu dengan servis memuaskan dan bergaransi.

Baca Juga : Pelayanan Bengkel Resmi Mobil Jakarta Terbukti Pelayanannya

Dokter Mobil Cirebon adalah bengkel modern terdekat yang dilengkapi tenologi canggih dan terstandarisasi ISO 9001: 2015 dan berfokus untuk perkembangan dan kemajuan otomotif di Indonesia. Bengkel ini telah mempunyai 17 cabang di seluruh Indonesia untuk membantu merawat mobil anda.

Pelayanan terbaik yang diberikan oleh Dokter Mobil Cirebon adalah free general check up untuk setiap mobil. Disini juga tersedia perawatan maksimal untuk mobilmu berupa tune up mobil dan service berkala. Tunggu apalagi segera bawa mobilmu ke Dokter Mobil Cirebon Cirebon untuk hasil yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5522

No votes so far! Be the first to rate this post.

penyebab kipas radiator mobil nyala terus

Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Nyala Terus dan Efeknya

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents