📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Power Steering

Penyebab dan Cara Atasi Power Steering Pada Mobil

Para pecinta otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Power Steering. Mengingat teknologi ini sudah ada di setiap mobil keluaran terbaru seperti Suzuki, Toyota, Honda, dan lainnya. Dalam hal ini kamu harus mengenai fungsi, cara kerja, hingga cara mengatasi kerusakan pada steering.

Kamu akan lebih mudah memahami kondisi mobil, jadi kalau ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik bisa segera lakukan perbaikan. Secara garis besar, steering merupakan sistem kemudi yang akan memudahkan kamu saat menyetir mobil.

Mengenal Power Steering Pada Mobil

Power Steering

Seiring perkembangannya teknologi sistem Power Steering ini sudah ada dua yaitu  electric dan hidrolik. Tentunya setiap sistem ini menawarkan teknologi yang berbeda dengan jenis mobil yang berbeda.

Power Steering dengan teknologi hidrolik ini mengandalkan tekanan hidrolik dari pompa yang digerakkan oleh crankshaft dari drive belt. Sistem kerjanya dengan menarik minyak dari reservoir ke pompa saat mesin hidup. Nah, dengan adanya tekanan ini akan membuat putaran setir lebih ringan dan mobil lebih mudah dikemudikan.

Teknologi terbaru selanjutnya dengan electric power steering yang sistem kerjanya secara otomatis. Teknologi ini mampu menghasilkan arus listrik yang langsung disalurkan ke motor listrik.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa adanya Power Steering merupakan sistem yang ada di roda kemudi mobil untuk membuat putaran kemudi lebih mudah dikontrol dan halus. Sehingga dengan adanya sistem ini kamu tidak perlu bekerja keras dalam memutar kemudi saat berkendara cepat atau lambat.

Cara kerja power steering ini tergantung dari gerak dan kecepatan mobil. Agar kamu lebih paham bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Mobil dalam posisi netral

Ketika mobil dalam posisi netral maka power steering juga dalam posisi netral. Katup pengontrol dalam posisi netral maka minyak akan masuk ke saluran pembebas menuju ke pompa.

  1. Saat mobil berbelok kanan atau kiri

Pada saat mobil akan berbelok maka power steering akan bekerja dengan katup menutup aliran pelumas. Gerakan ini akan merubah volume minyak menjadi tekanan yang akan menggerakkan piston di power cylinder. Piston akan bergerak dari tekanan tinggi ke yang lebih rendah.

Nah, agar kinerja Power Steering bisa optimal dan efektif kamu harus melakukan perawatan dengan benar. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar komponen ini bisa lebih awet.  Berikut perawatan yang bisa kamu lakukan :

  1. Ketika mobil akan berbelok, silahkan injak pedal gas dulu baru kamu memutar kemudi.
  2. Pastikan untuk menghindari pembelokan kemudi hingga mentok.
  3. Agar sistem kerjanya lebih baik, pastikan menggunakan produk minyak yang berkualitas.
  4. Kalau memang ada kerusakan, pastikan menggantinya dengan suku cadang yang asli.
  5. Saat parkir mobil, usahakan untuk selalu parkir dalam kemudi lurus.
  6. Saat pemilihan ban mobil, usahakan memilih ban dengan gesekan tingkat rendah
  7. Biasakan untuk mengemudi dengan posisi duduk yang benar agar kamu lebih mudah dalam mengemudi.

Jadi pada dasarnya Power Steering ini sistem kerjanya adalah dengan memanfaatkan perubahan tekanan menjadi daya dorong yang lebih besar. Sehingga saat mengemudi akan terasa lebih ringan dan halus.

Penyebab Power Steering Rusak dan Cara Penanganannya

Kamu sudah melakukan berbagai tips agar Power Steering bisa berfungsi secara optimal. Namun yang namanya komponen mobil pasti ada masanya hingga kerusakan tidak bisa terhindarkan.

Ketika kamu berkendara sudah tidak nyaman, salah satu penyebabnya adalah pada bagian setir terasa berat, muncul suara aneh, dan tidak responsif. Kalau sudah demikian, setir mobil kamu alami masalah. Kamu bisa langsung bawa mobil ke Dokter Mobil, bengkel spesialis power steering.

Namun sebelum kamu bawa ke bengkel, kamu harus tahu dulu apa saja yang menjati penyebab setir mobil alami beberapa masalah. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Steer rack alami kerusakan

Kerusakan pertama yang bisa dialami oleh setiap pemilik mobil adalah kerusakan pada steer rack. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan respon setir yang menyenta dan terdengar suara logam yang bertabrakan di area kemudi.

Kerusakan ini tidak bisa ditangani sendiri, jadi kamu perlu datang ke bengkel Dokter Mobil untuk memperbaiki hal tersebut. Saat memperbaiki steer rack, komponen bushing juga akan diganti dengan yang baru.

  1. Oli Power Steering sudah berkurang

Seperti yang sudah di jelaskan dalam steering terdapat oli yang berperan penting untuk memudahkan memutar setir terasa ringan. Kalau volume oli kurang dari standar yang ditentukan akan membuat setir terasa berat dan kurang respon saat diputar.

Selain itu kekurangan oli pada steering juga bisa menimbulkan suara saat kamu menggerakkan setir. Dalam hal ini kamu perlu melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan oli tidak sampai kehabisan.

  1. Oli Power Steering habis karena bocor

Selain volume oli berkurang karena pemakaian, ternyata oli habis karena ada kebocoran. Oli power steering ini memiliki 3 warna yaitu bening, merah mudah dan merah. Kalau kamu menemukan ada genangan oli dengan warna tersebut, kamu bisa lakukan pengecekan pada sistem steering.

Kalau memang terjadi kebocoran kamu bisa bawa ke bengkel Dokter Mobil untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga tidak ada lagi kebocoran pada steering dan kamu akan merasakan kenyamanan berkendara lagi.

  1. Sabuk power steering sudah aus

Masalah kemudi yang kurang nyaman selanjutnya disebabkan oleh sabuk steering yang sudah mulai kendur atau aus. Kondisi ini kalau dibiarkan saja akan menyebabkan setir terasa berat untuk belok dan mengeluarkan suara yang bikin kuping tidak nyaman.

Kalau sudah terjadi masalah demikian, jangan tunda-tunda lagi untuk ke bengkel. Pastikan memilih bengkel mobil yang terpercaya agar hasilnya lebih memuaskan. Nantinya sabuk bisa dikencangkan kembali atau diganti dengan suku cadang asli agar setir lebih ringan saat digunakan.

Apabila kamu sudah mengetahui penyebab dan tanda-tanda Power Steering alami kerusakan jangan tunggu lama-lama. Silahkan langsung lakukan pemeriksaan pada bengkel mobil terpercaya.

Salah satu bengkel mobil terbaik dan terpercaya yang bisa kamu kunjungi adalah Bengkel Dokter Mobil. Bengkel ini sudah memiliki jam terbang tinggi dan berbagai pengalaman di dunia otomotif. Bengkel ini sudah banyak mengatasi berbagai permasalahan pada mobil dan berhasil mengatasinya dengan baik. Tidak heran kalau banyak pecinta otomotif yang puas dengan pelayanannya.

Baca Juga : Ini Dia Bengkel Oli Terbaik di Cirebon, Garansi Tingkatkan Performa Mobil Anda

Bengkel Dokter Mobil ini juga melayani service mobil secara berkala seperti tune up, service AC, ganti oli, upgrade performace, dan berbagai kebutuhan mobil lainnya. Selain itu bagi kamu yang berlangganan di Dokter Mobil akan mendapatkan FREE GENERAL CHECKUP MOBIL.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi, cara kerja, dan berbagai penyebab Power Steering rusak. Sudah ada tanda-tanda khusus ketika komponen steering bermasalah mulai dari tarikan yang berat, tidak responsif, dan lainnya. Dokter Mobil hadir sebagai bengkel terpercaya untuk mengatasi kerusakan mobil dan service secara berkala.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Power Steering

Penyebab dan Cara Atasi Power Steering Pada Mobil

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents