📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  ğŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  â© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Pengertian Pompa Bensin pada Mobil

Pengertian Pompa Bensin pada Mobil Sekaligus Informasi Lainnya

Setiap mobil yang menggunakan bahan bakar tidak pernah lepas dari pompa bensin. Pemilik mobil harus mengetahui pengertian pompa bensin pada mobil. Istilah lain yang juga banyak digunakan untuk pompa mobil adalah fuel pump. Pompa bensin berperan sebagai peningkat tekanan bahan bakar sehingga dapat mengalir ke bagian ruang pembakaran.

Mobil yang macet besar kemungkinan memiliki masalah di bagian fuel pump juga. Penting untuk selalu memeriksa komponen tersebut karena kemacetan di tengah jalan sudah pasti akan merepotkan pengemudi. Pemeriksaan perlu dilakukan reguler meskipun komponen masuk kategori sparepart berjenis slow moving.

Pengertian Pompa Bensin pada Mobil dan Jenisnya

Pengertian Pompa Bensin pada Mobil

Anda sudah membaca secara singkat mengenai pengertian pompa bensin pada mobil sebelumnya. Namun kita akan mulai memahami komponen tersebut dengan lebih detail. Komponen fuel pump sudah pasti sangat krusial terhadap performa mesin. Masalah pada fuel pump selalu berdampak ke komponen mesin lainnya.

Alasannya karena semua energi penggerak komponen mobil berasal dari aliran bahan bakar yang dibakar dan diambil energinya. Tersumbatnya aliran bahan bakar sudah pasti berpengaruh langsung ke kinerja mesin mobil. Pompa bahan bakar sendiri dibagi menjadi dua macam berdasarkan cara kerjanya. Pembagian didasarkan atas dua macam berupa karburator maupun injeksi.

Jenis pompa bahan bakar karburator akan menekan bahan bakar sehingga mengalir menuju ke bagian karburator. Di karburator bahan bakar akan mulai dibakar. Sedangkan pada mobil yang lebih modern, bahan bakar akan dialirkan menuju ke injeksi. Sistem pembakaran injeksi memungkinkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Pengertian pompa bensin pada mobil juga dibedakan berdasarkan fuel pump mekanis dan elektrik. Fuel pump mekanis adalah jenis pompa yang penggeraknya dipacu oleh putaran komponen mesin yang terhubung melalui belt. Pompa mekanis banyak terpasang di mesin diesel. Kalau di mobil sebagian besar jenis pompa yang dipakai memanfaatkan mekanisme camshaft.

Mekanisme camshaft terpasang di bagian silinder head mobil. Pengertian pompa bensin pada mobil jenis elektrik adalah pompa bahan bakar yang memanfaatkan motor listrik. Pompa elektrik sendiri juga dibagi menjadi dua macam berupa platina maupun diafragma. Sebagian besar dari pompa elektrik dipasang di mesin mobil yang menggunakan sistem injeksi pada bagian ruang pembakaran.

Pompa bensin dalam menjalankan fungsinya sering dilengkapi dengan mesin EFI. Jenis pompa ini selalu diletakkan di bagian dalam ruang tangki bensin. Pompa bahan bakar jenis injeksi digerakkan oleh aliran listrik yang berasal realy fuel pump.

Berdasarkan informasi dari Teknisi Mobil, jenis pompa bensin elektrik dibagi menjadi 3 macam yakni membrane, turbin, dan rotor. Setiap jenisnya dapat Anda ketahui berikut.

  1. Jenis Membran

Pengertian pompa bensin pada mobil jenis membrane adalah pompa yang mengandalkan kinerja berdasarkan kemagnetan yang ada di solenoid. Medan kemagnetan dapat menarik diafragma ke bagian atas dan membuat bahan bakar memasuki katup inlet. Di waktu yang hampir bersamaan bagian tuas platina membuka bagian platina.

Bagian tuas platina tadi tersambung dengan rod yang membuat kemagnetan solenoid hilang. Hilangnya kemagnetan solenoid memicu bagian diafragma mendorong ke bawah dan bahan bakar akan mengalir keluar alias melalui katup outlet. Diafragma yang bergerak menuju bawah membuat platina tersambung kembali dan kemagnetan solenoid muncul lagi.

Kondisi ini akan terjadi secara kontinu selama kondisi mesin masih On. Namun akan langsung berhenti dikala bagian mesin mobil mati dan posisi kontak Off. Kita akan beralih ke penjelasan pompa bahan bakar elektrik jenis turbin.

  1. Jenis Turbin

Jenis kedua dari pompa elektrik adalah turbin. Pengertian pompa bensin pada mobil berjenis turbin adalah pompa yang mirip dengan turbin pada umumnya. Sekilas orang awam akan menganggap bahwa jenis turbin sama dengan rotor.

Padahal keduanya adalah pompa elektrik yang berbeda karena turbin menggunakan impeller dan bilah. Bilah tersebut yang nantinya berguna untuk membuat bahan bakar terhisap dan mengalirkannya menuju saluran outlet dan karburator. Pada sistem mobil injeksi maka bagian karburator diganti dengan injector.

  1. Jenis Rotor

Jenis pompa bahan bakar mobil yang lain berupa rotor. Pengertian pompa bensin pada mobil berjenis rotor lebih pada pompa yang memanfaatkan pemutaran rotor. Gerakan rotor mampu membuat vakum di bagian pompa. Kevakuman yang disebabkan rotor akan menarik bahan bakar ke bagian ruang pompa dan dialirkan melewati katup searah.

Bahan bakar akan mulai memasuki ruang diafragma dan kembali ditekan menuju ke membrane dan saluran outlet. Aliran bahan bakar selanjutnya akan menuju ke karburator maupun injeksi (ruang pengkabutan).

Beberapa Hal yang Merusak Pompa Bensin Mobil

Kebanyakan dari pemilik mobil beranggapan bahwa kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar saat kendaraan menyala dapat merusak fuel pump. Padahal hal tersebut hanyalah mitos. Mereka belum paham pengertian pompa bensin pada mobil. Inilah beberapa hal yang bisa merusaknya akan dijelaskan pada poin berikut.

  1. Kesalahan Penggunaan BBM

Penyebab utama dari pompa bahan bakar rusak lebih pada kesalahan menggunakan bahan bakar. Setidaknya pemilik kendaraan perlu menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga tidak mengandung banyak kotoran. Bahan bakar berkualitas tetap bisa menjadi buruk ketika tersimpan lama dalam tangki SPBU.

Kotoran yang masuk ke dalam tangki tidak boleh berlebihan. Jika sudah melebihi jumlah yang dapat disaring maka besar kemungkinan akan berdampak tersumbatnya aliran bahan bakar. Sumbatan yang tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi aliran bahan bakar sedikit yang bisa dibakar. Alhasil keluar bunyi brebet-brebet dari mesin mobil.

  1. Bearing Kotor

Tak jarang kasus pompa bahan bakar mati dan hidup ketika memang sedang mengalami masalah. Pompa yang mati dan hidup juga bisa disebabkan oleh bering kotor. Bearing yang kotor tidak akan mampu berputar dengan lancar. Dalam kasus bearing kotor maka perlu dibersihkan agar putaran kembali normal.

Namun kasus bearing kotor sebagian besar terjadi di mobil berusia tua. Tidak heran kalau mobil yang sudah tua perlu dilakukan pembersihan tangki bahan bakarnya. Pembersihan tangki bahan bakar dan komponen sekitarnya dilakukan setiap 5 tahun sekali.

  1. Bahan Bakar Tercemar Logam

Bahan bakar mobil terkadang bisa tercemar bermacam-macam logam. Apabila di dalamnya terdapat logam yang berkemampuan menghantarkan listrik tinggi biasanya akan membuat pompa bahan bakar korslet. Kalau sudah korslet tentu harus diperbaiki dan diganti bahan bakarnya karena bisa terus berulang selama bahan bakar belum diganti.

Sekarang Anda sudah memahami tentang pengertian pompa bensin pada mobil. Apabila mobil Anda mengalami masalah di bagian pompa bahan bakar saatnya untuk pergi ke Dokter Mobil. Dokter Mobil merupakan bengkel berperalatan lengkap dan canggih.

Baca Juga : Bagaimana Memilih Bengkel AC Cirebon yang Profesional?

Mekanik yang bekerja di bengkel ini juga profesional dan berpengalaman sudah mengenal pengertian pompa bensin pada mobil. Fasilitas lain yang juga disediakan berupa free general check-up dan service berkala. Bahkan banyak dari pelanggan kami yang juga melakukan tune up demi bisa mengurangi beban mesin.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pengertian Pompa Bensin pada Mobil

Pengertian Pompa Bensin pada Mobil Sekaligus Informasi Lainnya

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents