📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

urutan high and low

Mengenal Urutan High and Low di Freon Mobil

Dengan memutuskan untuk membeli kendaraan roda empat atau sebuah mobil, ini artinya pemilik sudah siap bertanggung jawab dalam proses perawatan dan penyelesaian masalah komponen yang bisa muncul kapan saja. Di bagian freon AC, mengenal urutan high and low juga terbukti penting.

Freon biasa disebut dengan refrigerant dan ini menjadi salah satu bagian terpenting di sistem pendingin mobil. Pada kenyataannya ini digunakan di semua produk air conditioner, termasuk HVAC dan lain sebagainya. Ini bisa diisi ulang dan tekanannya cukup beragam.

Pada saat melakukan pengisian, pemilik kendaraan wajib mencermati caranya. Ini biasanya dilakukan oleh mekanik atau siapa saja yang cukup ahli. Jangan coba-coba melakukannya sendiri karena bisa berujung pada. Akan tetapi, siapa saja boleh mempelajari pengetahuan dasar terkait tekanan freon.

Urutan High and Low Ideal Untuk Freon

urutan high and low

Pemilik kendaraan memang harus mengenali seberapa banyak pressure atau tekanan urutan high and low yang dibutuhkan untuk sistem pendingin mobil mereka. Ini menjamin kenyamanan yang sempurna dan sesuai kebutuhan.

Pasalnya, Anda takkan pernah tahu seberapa tinggi udara di dalam kabin, terutama jika cuaca cepat berubah. Dasar pemakaian freon di AC mobil amat terbatas, karena ini pada dasarnya harus diisi ulang jika masa pakainya sudah habis.

Pada proses pengisian, aspek tekanan adalah hal terpenting. Ini menjamin daya tahan komponen tersebut. Sayangnya, orang awam sering tidak paham dengan urutan high and low. Jadi, berikut yang bisa diperhatikan:

  • Angka 15 hingga 30 psi mengindikasikan tingkat tekanan rendah.
  • Angka mulai dari 160 hingga – 250 psi sudah dianggap sebagai tekanan yang tinggi.
  • Proses pengukuran tidak bisa dilakukan secara manual, jadi teknisi selalu membutuhkan alat khusus.

Lalu, berapa angka idealnya? Pada dasarnya, pemilik kendaraan tidak boleh menyertakan pressure urutan high and low yang terlalu rendah maupun tinggi. Pihak teknisi atau mekanik akan membantu menentukan angka ideal tersebut.

Masalah-Masalah Muncul Jika Urutan High and Low Salah

Penyertaan tekanan yang tidak tepat tentu berdampak pada performa freon dan keseluruhan fungsi sistem pendingin di mobil. Pada penyetelan tekanan yang terlalu rendah, ini biasanya menyebabkan udara yang dihasilkan kurang dingin.

Namun jika disetel pada urutan yang terlalu tinggi, maka dampaknya bisa lebih banyak dan sering menimbulkan kerusakan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Suhu yang tidak stabil

Meskipun harapannya adalah mendapatkan suhu dingin di kabin dengan lebih cepat, yang terjadi justru sebaliknya. Pengendara akan merasa bahwa kabin tidak segera dingin meskipun sistem AC sudah dinyalakan cukup lama. Ini terjadi karena tekanan freon yang terlalu tinggi.

  • Kerusakan arus listrik

Jika freon memiliki pressure yang terlalu tinggi, maka arus listrik yang mengalir ke arah magnet kopling bisa terputus secara mendadak. Ini dipicu dengan tekanan tinggi yang datang melalui pipa AC.

Akan lebih aman jika menurunkan levelnya, namun pada angka urutan high and low yang tidak terlalu rendah.

  • Kondensor cepat panas

Ada juga masalah terkait kondensor. Jika pressure yang datang dari freon terlalu tinggi, maka ini menyebabkan peningkatan kinerja komponen kondensor dan menjadikannya cepat panas.

Jika berlangsung cukup lama, ini akan menimbulkan kerusakan pada komponen urutan high and low tersebut sehingga pemilik mobil harus mengganti atau membeli produk baru.

  • Bertambahnya beban mesin

Masalah lain yang muncul ketika Anda menyetel level pada angka terlalu tinggi adalah meningkatnya tugas atau beban mesin mobil. Secara umum, sistem pendingin akan membuat mesin bekerja lebih keras.

Ini akan menjadi semakin berat jika kompresor AC harus bekerja cepat akibat mendapat tekanan terlalu tinggi dari freon. Hal yang bisa dirasakan adalah mesin yang berjalan dengan terlalu memaksakan diri.

Mengenal Jenis Freon Untuk Urutan High and Low

Sebelum Anda memutuskan seberapa banyak tekanan yang ingin disertakan di freon, maka ada baiknya untuk mengenal jenis umum dari komponen itu sendiri.

Faktanya, kerusakan bisa terjadi jika jenis yang digunakan tidak kompatibel dengan sistem pendingin yang ada di mobil. Jadi, jangan hanya memperhatikan tekanannya, namun juga jenis komponennya.

  1. Freon hidrokarbon

Dilihat dari sejarah, ini adalah cikal bakal freon itu sendiri dan pertama kali digunakan di pasaran. Dari namanya saja sudah bisa diterka bahwa ini mengandung hidrogen dan karbon.

Kabar baiknya, ini tidak berbahaya bagi lingkungan dan tidak akan menimbulkan pemanasan global. Ini secara khusus disertakan di pabrik mobil dan jarang tersedia di bengkel-bengkel konvensional.

  1. Freon R-12

Tipe yang satu ini memiliki nama populer CFC atau biasa disebut Chloro Fluoro Carbon. Bahan yang digunakan adalah etana dan metana, yang mana keduanya punya komposisi urutan high and low karbon, klor, dan fluor.

Jenis ini sudah mulai ditinggalkan karena terbukti memberi dampak buruk terhadap udara dan lapisan ozon, khususnya karena kandungan klor-nya. Meski demikian, produk ini punya kelebihan.

Jika dilihat dari karakteristik, ini tidak mudah terbakar, tidak bersifat korosif, dan tidak berwarna. Terlebih ini hadir dengan stabilitas bagus dan dapat bekerja di suhu tinggi maupun rendah.

  1. Freon R-22

Bagaimana dengan tipe ini? Produk freon tersebut memang menjadi alternatif untuk sistem skala kecil, termasuk pada kendaraan roda empat. Ini masuk di kategori HCFC atau Hydro Chloro Fluoro Carbon.

Bisa dilihat dari namanya, unsur klor membuatnya kurang difavoritkan karena bisa merusak lapisan ozon. Meski demikian, masih banyak yang menggunakannya untuk mengisi ulang freon AC mobil.

  1. Freon R-134a

Produk atau jenis yang ini masuk dalam kategori HFC atau Hydro Carbon. Para pemilik kendaraan paling banyak menggunakan jenis ini karena tidak mengandung klor urutan high and low dan tidak berbahaya bagi ozon.

Karena keamanan dan kesehatan yang ditawarkan, ini dijadikan patokan standar kualitas AC mobil. Terlebih, ini tidak mudah menimbulkan karat atau korosi.

Cara Mengecek Tekanan Urutan High and Low Freon AC Mobil

Ketika mengetahui bahwa daya freon sudah hambir habis, pemilik mobil tentu harus segera melakukan pengisian. Ciri-cirinya adalah ketika suhu yang dikeluarkan sudah mulai tidak dingin.

Ada juga tanda bahwa Anda perlu melakukan pengisian freon yaitu ketika fan tambahan tidak berputar. Jika menemukan semua tanda tadi, segera lakukan pengecekan lebih jauh pada layanan ahli.

Penggunaan Layanan Dokter Mobil

Pemilihan layanan service dan teknisi profesional harus dilakukan secara hati-hati demi kepuasaan dan pengalaman terbaik. Dokter Mobil mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Bahkan sebelum datang ke lokasi, Anda bisa dengan mudah melakukan reservasi supaya tidak harus menunggu lama ketika melakukan pengecekan urutan high and low. Jangan lupa untuk gunakan tawaran gratis check up mereka.

Baca Juga : Aksesoris Yang Memiliki Manfaat Di Toko Aksesoris Mobil Cirebon Terdekat

Saat ini, layanan tersebut sudah punya 17 cabang dan bisa ditemukan di kota-kota besar. Kabar baiknya, mereka akan membuka lebih banyak cabang untuk mengakomodasi lebih banyak konsumen.

Tidak hanya melakukan pengecekan dan penyelesaian masalah urutan high and low freon, mereka juga spesialis di bermacam komponen lain. Produk dan jasa mereka terjangkau dan hadir dengan kualitas premium.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

urutan high and low

Mengenal Urutan High and Low di Freon Mobil

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents