📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

penyebab kondensor ac panas

Mengenal 5 Penyebab Kondensor AC Panas dan Cara Kerjanya

Berkendara menggunakan mobil memang amat nyaman dan ini terbukti memberikan prestige bagi pemiliknya. Terlepas dari semua kelebihan tersebut, pemilik harus memperhatikan kesehatan komponen kendaraan mereka. Contoh simpelnya adalah mengenali penyebab kondensor ac panas.

Sistem pendingin kabin adalah hal penting bagi pemilik mobil, terutama mereka yang tinggal di negara tropis. Ini bisa mencegah ketidaknyamanan yang timbul akibat berkendara di bawah terik sinar matahari. Sebelum mengetahui kenapa kondensor pendingin cepat panas, Anda perlu ketahui cara kerjanya.

Sebuah kondensor pada sistem pendingin mobil memang punya fungsi yang beragam. Fungsi utamananya adalah untuk memaksimalkan kinerja AC itu sendiri. Jika terjadi masalah seperti kepanasan, tentu saja performa pendinginan akan berkurang.

Cara Kerja Kondensor AC Mobil

penyebab kondensor ac panas

Nanti, pembaca akan mengetahui secara singkat kenapa komponen ini bisa panas dan bahkan melebihi batas wajar. Namun, mari pelajari cara kerjanya terlebih dahulu. Sistem pendingin bekerja ketika terjadi kompresi freon dan menciptakan gas.

Pengubahan zat tersebut menghadirkan suhu dingin dan gas yang bertekanan tinggi. Ini juga difasilitasi oleh kompresor yang ada di kendaraan. Sedangkan proses berikutnya dikerjakan oleh kondensor, yaitu melakukan serapan panas freon dan mengurangi penyebab kondensor ac panas.

Ketika proses penyerapan panas berlangsung, freon akan berubah bentuk menjadi cair. Ini juga menyertakan bantuan kipas supaya proses penyerapan bisa dilakukan secara maksimal. Sedangkan proses berikutnya adalah menghembuskan freon ke luar melalui receiver dan sirip-sirip dryer.

Semua proses di atas akan terjadi secara berulang dan terus menerus selama sistem pendingin menyala.

Beberapa Penyebab Kondensor AC Panas

Panas yang dimaksud di sini bisa berarti dua hal. Ini apakah komponennya panas atau suhu panas yang keluar dari prosesnya. Sebenarnya panas pada komponen kondensor adalah hal normal. Ini menjadi tanda bahwa proses pembuatan udara dingin berjalan semestinya.

Sebaliknya, jika ini menghasilkan udara panas ke kabin mobil, artinya adalah ada masalah atau kerusakan di komponen tersebut. Sedangkan hal-hal di bawah bisa menjadi penyebab kondensor ac panas lebih dari biasanya:

  1. Berkurangnya putaran atau melemahnya kipas juga sering menjadi sumber masalah.
  2. Suhu dan tekanan kondensor AC mobil akan naik secara signifikan jika pemilik mobil memberi oli kompresor secara berlebihan.
  3. Kondisi sirip kondensor yang kotor akibat kotoran atau debu menumpuk akan mudah terhisap oleh kipas dan menyebabkan komponen bekerja lebih keras dari sebelumnya.
  4. Menyertakan terlalu banyak freon, yang mengakibatkan tekanan berlebihan. Ini tentu berdampak pada kondisi kondensor yang lebih cepat panas dari biasanya.
  5. Kerusakan kecil pada motor fan juga menjadi penyebab kondensor ac panas. Ini terjadi karena hisapan dan hembusan angin menjadi berkurang dan membuat komponen mengalami pemanasan melebihi sebelumnya.

Beberapa Fungsi Umum Kondensor AC Mobil

Pemilik mobil perlu memperhatikan performa dan kondisi kondensor AC mobil mereka karena pada dasarnya ini menjamin kenyamanan berkemudi. Apakah memang sebegitu penting fungsi komponen tersebut? Mari cari tahu fungsi lengkapnya.

  • Membuang kalor

Pemilik mobil perlu memahami salah satu fungsi dari kondensor AC, yaitu untuk membuang panas atau kalor. Pembuangan tersebut terjadi saat komponen melakukan perubahan freon dari wujud gas ke cair. Freon itu sendiri berasal dari atau dihasilkan di kompresor.

  • Penukar panas

Fungsi yang paling dikenal dari sebuah kondensor sistem pendingin AC mobil adalah untuk menukar panas. Konsepnya cukup sederhana, yaitu kalor diubah dari bentuk gas menjadi cair. Proses ini dilakukan oleh bagian yang disebut refrigerant.

Sedangkan media untuk proses pengubahan tersebut adalah udara. Kenapa bisa demikian? Pada dasarnya udara mampu menjadi media pendingin dan dibantu oleh komponen lain bernama kipas atau biasa disebut dengan fan.

Keselarasan tugas dari semua komponen di sistem pendingin tersebut dibutuhkan supaya udara yang dihembuskan bisa terasa dingin dan tidak sebaliknya, yang umum menjadi penyebab kondensor ac panas.

  • Mengubah gas menjadi freon

Kondensor AC juga berfungsi untuk mengubah gas refrigeran menjadi freon. Komponen tersebut melakukan penyerapan gas freon dengan memanfaatkan udara. Kapasitas panas yang ditawarkan biasanya sejajar dengan tingkat kedinginan air conditioner itu sendiri.

Sebuah kondensor pada dasarnya akan merubah wujud gas menjadi cair.. Komponen yang satu ini kan melakukan penyerapan gas pada freon dengan bantuan udara. Jumlah panas yang ditawarkan akan setara dengan tingkat kedinginan di mobil dan menghindari penyebab kondensor ac panas.

Sedangkan instalasinya terletak di bagian radiator. Ini punya tujuan untuk mendapatkan bantuan udara sebaik mungkin dalam proses pendinginan. Kipas radiator akan membantu mendinginkan komponen kondensor saat mobil berjalan.

Beberapa Masalah Umum di Kesehatan Kondensor AC

Masalah komponen kondensor yang cepat panas bukan satu-satunya tantangan yang dihadapi oleh para pemilik mobil. Beberapa hal di bawah ini juga perlu dipertimbangkan oleh semua pemilik kendaraan roda empat:

  • Kebocoran

Kondisi ini sering terjadi pada bagian pipa sambungan antara air conditioner mobil dan komponen kondensator itu sendiri. Kebocoran mengakibatkan pengiriman udara di sistem pendingin tidak maksimal dan menjadi penyebab kondensor ac panas. Wajar jika ini menghasilkan hembusan panas, alih-alih dingin.

  • Korosi atau karat

Masalah lain yang harus dipertimbangkan terkait kesehatan kondensor adalah karat. Ada tidaknya korosi berdampak pada performa keseluruhan dari komponen tersebut. Munculnya karat disebabkan oleh tetesan air yang terbentuk selama proses pendinginan berlangsung.

  • Panas berlebih

Ini adalah masalah yang menjadi fokus bahasan penyebab kondensor ac panas di atas tadi. Kondensor yang cepat panas atau menjadi terlalu panas akan mengalami penurunan performa dan bisa berhenti bekerja karena overheating.

Sudah disebutkan di atas tentang beberapa hal yang membuat komponen ini cepat panas. Ini termasuk kipas yang berhenti berputar, kondensor kotor, penyertaan oli terlalu banyak, cairan freon terlalu banyak, dan lemahnya putaran kipas.

  • Penyumbatan

Ada juga masalah seperti tersumbatnya komponen kondensor yang biasanya disebabkan oleh kotoran dan debu yang menumpuk. Ini terjadi karena malasnya pemilik kendaraan dalam melakukan pembersihan.

Hanya karena debu hanya merupakan partikel kecil, bukan berarti mereka tidak berdampak serius pada kinerja komponen tadi. Dalam jumlah banyak, ini bahkan bisa menyebabkan panas dan kerusakan.

  • Usia sudah tua

Jangan remehkan faktor usia. Kinerja kondensor baru tentu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan produk yang sudah tua. Ini juga menjadi salah satu penyebab kondensor ac panas. Ada baiknya segera mengganti atau membeli yang baru jika dirasa performanya semakin menurun.

Perawatan Berkala Guna Mengatasi Penyebab Kondensor Ac Panas

Pemilik mobil tidak hanya perlu memahami penyebab kondensor ac panas dan beberapa masalah kerusakan, namun juga harus mampu menyertakan perawatan rutin untuk komponen tersebut.

Sistem pendingin adalah bagian yang cukup sulit untuk diatasi seorang diri, terutama jika Anda tidak memiliki keterampilan mekanik sama sekali. Jadi, ada baiknya memanfaatkan jasa seperti Dokter Mobil.

Baca Juga : Apa Itu Remap Mobil, Inilah Penjelasanya!

Mereka akan melayani secara ramah dan mendengarkan semua keluhan konsumen. Ketika datang pertama kali, Anda akan mendapatkan pemeriksaan gratis atau general check up secara cuma-cuma.

Petugas dan produk yang mereka miliki berkualitas, serta didukung oleh sertifikasi yang valid. Wajar jika layanan mereka sudah sesuai bahkan melebihi standar. Terlepas dari penyebab kondensor ac panas, semua bisa diatasi dengan mudah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

penyebab kondensor ac panas

Mengenal 5 Penyebab Kondensor AC Panas dan Cara Kerjanya

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents