📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

komponen kopling

Mengenal Komponen Kopling Mobil dan Fungsinya

Pengguna mobil dengan sistem transmisi manual pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen kopling. Kopling sendiri merupakan pedal manual yang ada di lokasinya ada di bagian paling kiri dekat pedal gas dan rem.

Kopling sendiri berperan untuk menambah dan mengurangi putaran mesin saat perpindahan gigi transmisi. Komponen ini memiliki peranan yang sangat penting, ketika alami masalah bisa menyebabkan banyak masalah pada mobil.

Mengenal Komponen Kopling Pada Mobil Manual

komponen kopling

Kamu sebagai pemilik mobil harus memahami seluruh komponen kopling dan fungsinya. Dalam hal ini kamu harus lebih paham mengenai fungsi dan cara kerjanya. Fungsi utama kopling mobil adalah membantu transmisi dan menjaga putaran mobil.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan komponen-komponen kopling.

  1. Pedal kopling

Pedal kopling merupakan komponen yang berperan untuk mengendalikan kopling. Pada komponen ini terdapat engsel yang terhubung dengan push rod. Pedal ini memiliki ketinggian yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Jadi kamu bisa mengatur ulang posisi pedal agar lebih mudah dikendalikan saat berkendara.

  1. Master silinder kopling

Master silinder merupakan komponen kopling yang berfungsi untuk mengubah tenaga mekanik dari pedal menjadi tekanan hidrolik. Komponen master silinder juga terhubung dengan sistem pengereman.

  1. Master silinder kopling atas dan bawah

Master silinder sendiri terdiri dari kopling atas dan bawah. Master silinder kopling atas ini berperan untuk menambah tenaga saat menginjak pedal kopling. Pada bagian ini juga terdapat reservoir tank untuk menampung minyak agar bisa menyalurkan tenaga ke power clutch.

Master silinder kopling bawah berperan untuk menerima tekanan dari master silinder atas. Kemudian tekanan ini disalurkan pada release fork.

  1. Actuator cylinder

Actuator cylinder berada di dalam master silinder yang berperan untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi tenaga mekanis. komponen kopling ini memiliki dua tipe yaitu dalam dan luar. Tipe actuator cylinder luar berperan untuk mengatur ketinggian kopling di luar rumah kopling.

  1. Hydrolic clutch pipe

Komponen yang memiliki bentuk pipa, Hydrolic clutch pipe memiliki fungsi untuk mengalirkan dan mengatur tekanan hidrolik. Komponen ini terbuat dari bahan metal karena tekanan hidrolik yang mengalir dalam pipa cukup tinggi.

  1. Garpu pembebas

Komponen kopling ini berperan untuk merubah tenaga mekanis dari actuator cylinder dialirkan ke release bearing. Komponen cara kerjanya dengan mengandalkan prinsip pengukit, sehingga panjang garpu berpengaruh terhadap tekanannya.

  1. Release bearing

Tekanan yang berasal dari garpu pembebas dialirkan untuk menekan pegas diafragma. Komponen ini berbentuk cicin tebal yang bisa menghubungkan pegas diafragma dengan garpu pembebas.

  1. Tutup kopling

Tutup kopling memiliki fungsi untuk menutup kopling namun ikut berputar ketika flywheel berputar. Berfungsi sebagai rumah untuk beberapa komponen seperti pegas diafragmma dan pelat penekan.

  1. Pelat penekan

Komponen kopling ini memiliki fungsii untuk menekan clutch plate untuk meneruskan tekanan dari friction ke kampas kopling. Komponen pelat penekan ini akan bergerak apabila roda gila juga bergerak.

  1. Pelat kopling

Pelat kopling merupakan komponen yang berperan sebagai penerima putaran yang dialirkan ke transmisi. Komponen ini harus mampu meneruskan putaran mesin dengan halus. Melihat perannya yang sangat penting, tidak heran kalau komponen ini terbuat dari material yang kuat.

Penyebab Kopling Mobil Tidak Berfungsi Secara Optimal

Setelah melihat beberapa komponen kopling, tentunya kamu harus tahu beberapa hal yang menyebabkan komponen ini tidak berfungsi dengan baik. Kalau kopling ini alami kerusakan bisa menyebabkan penghubung antara gigi transmisi tidak berjalan dengan mulus.

Kalau masalah kopling ini dibiarkan saja bisa menyebabkan kecelakaan di jalan. Sangat disayangkan, masih banyak orang yang tidak tahu penyebab kopling rusak. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi kopling tidak berfungsi.

  1. Sopir tidak sabaran dan suka memaksa

Ada sebagian pengendara mobil yang tidak sabaran dan cenderung memaksa kopling yang mulai macet. Jadi ketika kopling macet atau sulit saat diinjak untuk ganti gigi, sering pengemudi memaksakan. Kalau kamu sering melakukan hal ini secara memaksa bisa menyebabkan kerusakan kopling semakin parah.

Kalau memang kopling sulit diinjak, lebih baik kamu tidak memaksaan untuk bekerja. kamu bisa menepi dulu untuk memastikan kondisi kopling.

  1. Kampas kopling

Komponen kopling tidak bisa berfungsi dengan baik dikarenakan kamas kopling yang sudah aus. Komponen ini bisa cepat aus karena kamu sering menggunakannya di medan yang curam dan penggunaan yang sudah lama.

Kampas kopling yang sudah aus biasanya akan mengeluarkan bau tak sedap dan masuk ke dalam kabin. Kalau kamu mengalami hal ini segera bawa mobil ke bengkel mobil yang terpercaya.

Agar tidak salah pilih kamu bisa bawa mobil ke Dokter Mobil. nantinya kamu akan mendapatkan suku cadang yang berkualitas sehingga kamu akan merasakan sensasi seperti baru.

  1. Kabel kopling

Kabel kopling memiliki fungsi penting yaitu menjaga performa kopling tetap optimal. Nah, untuk menjaga performanya tetap bagus, kabel ini harus terlapisi pelumas. Pastikan kabel kopling ini tidak boleh kering atau tanpa pelumas karena bisa menyebabkan tarikan kopling lebih berat.

Kamu bisa lakukan pengecekan kabel kopling dan pastikan ada cairan pelumas kopling. Nah, dengan melakukan pengecekan secara berkala bisa meminimalisir gesekan kopling dengan pembungkusnya.

  1. Release bearing dan pilot bearing

Kedua komponen ini memiliki cara kerja yang sama yaitu meneruskan gaya dorong dari release cylinder ke pegas diafragma. Sehingga plat penekan tidak menekan kampas kopling. Kalau kedua komponen ini alami kerusakan biasanya memberikan tanda-tanda yang sama.

Tanda kerusakan pada release bearing dan pilot bearing adalah kopling terasa berat saat diinjak dan keras saat memindahkan gigi. Kalau kedua komponen ini rusak, kamu harus menggantinya.

  1. Kopling blong

Injakan kopling keras dan berat itu menandakan masalah, injak kopling lebih ringan itu juga masalah. Kopling blong atau terlalu ringan itu terjadi karena ada udara yang terjebak di sistem hodrolik. Kalau alami masalah ini segera lakukan pemeriksaan di bengkel mobil terpercaya.

Kamu datang saja ke bengkel Dokter Mobil untuk mengatasi komponen kopling yang rusak. Bengkel mobil ini sudah banyak direkomendasikan oleh kalangan masyarakat karena menawarkan banyak pelayanan seperti service, ganti oli, service AC, dan kebutuhan mobil lainnya.

Selain itu Dokter Mobil juga menawarkan pelayanan Free General Checkup Mobil. Tentunya dengan layanan tersebut kamu lebih menghemat budget, untuk merasakan sensasi naik mobil seperti baru.

Banyak orang merekomendasikan bengkel Dokter Mobil karena telah dilengkapi para teknisi yang handal dan profesional. Mereka bekerja tidak asal-asalan karena sudah menerapkan SOP sesuai standar.

Baca Juga : Pelayanan Bengkel Resmi Mobil Jakarta Terbukti Pelayanannya

Selain itu bengkel ini sudah dilengkapi peralatan bengkel yang super lengkap dan canggih. Tidak heran kalau proses pengerjaan kopling yang rusak bisa lebih cepat dan akurat. Bahkan kamu masih mendapatkan garansi panjang atasi hasil pekerjaannya.

Demikianlah penjelasan mengenai komponen-komponen pada kopling mobil. Sebagai pemilik mobil kamu harus tahu beberapa penyebab komponen kopling alami kerusakan. Jangan biarkan lama-lama segera bawa ke bengkel Dokter Mobil untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4211

No votes so far! Be the first to rate this post.

komponen kopling

Mengenal Komponen Kopling Mobil dan Fungsinya

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents