📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Wajib Diketahui! Inilah Cara Pengecekan Thermostat Mesin Mobil

Thermostat mesin pada mobil berfungsi untuk sistem pendinginan yang paling utama. Sehingga, jika terdapat kerusakan akan menimbulkan mesin mobil menjadi cepat panas. Untuk itu cara pengecekan thermostat mesin mobil perlulah diketahui oleh setiap pengguna kendaraan ini. Beberapa cara yang dilakukan untuk pengecekan ini cenderung mudah diikuti.

Komponen thermostat mobil akan selalu menjaga suhu mesin stabil pada angka 80o hingga 90o Celcius. Adapun sistem kerjanya yaitu, thermostat akan menutup saluran air pendingin saat sebelum mesin mencapai temperatur kerja. Kemudian, pada temperatur kerja, thermostat akan terbuka agar suhu tetap stabil. Hal yang harus dipahami dalam cara pengecekan thermostat mesin.

Tata Cara Pengecekan Thermostat Mesin Mobil

cara pengecekan thermostat mesin

Layaknya komponen lain, thermostat juga beresiko mengalami kerusakan. Sehingga, untuk memastikan kondisi thermostat pada keadaan yang selalu baik, diperlukan pengecekan secara rutin agar jika terjadi kerusakan dapat langsung ditangani oleh tenaga ahlinya. Di bawah ini merupakan tata cara pengecekan thermostat mesin mobil yang perlu diketahui.

  1.     Persiapkan Alat Dan Bahan

Cara pengecekan yang pertama yaitu, kamu perlu mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Adapun, beberapa alat tersebut seperti panci, alat ukur jangka sorong, dan kompor listrik. Semua alat tersebut harus ada untuk melakukan pengecekan thermostat mesin mobil.

Selain itu, berbagai peralatan tersebut juga memiliki peran yang cukup penting. Pertama, panci harus diisi oleh air yang panas untuk nanti tempat merendam thermostat mesin mobil. Kemudian, alat ukur jangka sorong digunakan untuk mengukur kenaikan tinggi, dan terakhir kompor listrik sebagai alat pemanas air yang berada dalam panci.

  1.     Lepaskan Thermostat Mesin

Cara pengecekan thermostat mesin mobil yang berikutnya yaitu, kamu perlu melepas thermostat dari tempatnya. Namun, sebelum melepas kamu perlu memastikan mesin mobil dalam kondisi yang tidak panas. Selain itu, pastikan juga melepasnya secara tepat agar tidak terjadi kerusakan pada komponen lainnya.

Pelepasan komponen termometer tersebut dilakukan agar proses pengeluaran air dalam radiator dapat lebih mudah dilakukan. Langkah selanjutnya yaitu, kamu harus melepaskan selang saluran dari thermostat juga dari saluran keluarnya.

  1.     Masukan Thermostat Kedalam Panci Berisi Air

Cara pengecekan thermostat mesin mobil yang selanjutnya yaitu, kamu perlu memasukan termostan kedalam panci yang berisikan air. Namun, perlu diperhatikan bahwa air yang digunakan mestilah air panas. Setelah itu, kamu bisa memasang thermostat secara bertahap sesuai dengan buku panduan yang dimiliki dan pastikan mengikuti arahan yang dituliskan.

  1.     Periksa Katup Thermostat

Berikutnya, cara pengecekan thermostat mesin dari mobil, kamu perlu memeriksa bagian katup thermostat. Periksalah apakah bagian katup tersebut dapat di buka tutup secara normal atau tidak.

Perhatikan juga, temperature awal perlulah di angka 80 hingga 84 derajat celcius. Jika, pembukaan katup awal tidak tepat dengan spesifikasi yang ada, maka dapat dipastikan bahwa terdapat masalah dan harus dilakukan pergantian secara segera.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan penggantian di bengkel yang terpercaya dan berkualitas. Hal tersebut menjadi penting karena dengan memilih bengkel yang tepat maka, hasil yang diberikannya pun akan lebih maksimal dan lebih awet.

  1.     Periksa Pembukaan Penuh Thermostat

Cara pengecekan thermostat mesin mobil yang terakhir yaitu, kamu perlu memeriksa bagian pembukaan penuh thermostat. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui kenaikan tinggi dari katup. Thermostat akan mengalami kenaikan pada suhu 95 derajat celcius dengan tinggi sekitar 8 mm.

Untuk melakukan pengecekan ini, kamu dapat menggunakan alat bantu seperti jangka sorong. Kemudian, jika kenaikan yang terjadi pada mesin mobil kamu tidak sesuai dengan spesifikasi, maka sebaiknya perlu dilakukan pergantian ke bengkel terpercaya.

Cara Perawatan Thermostat Mesin Mobil

Setelah mengetahui berbagai cara pengecekan thermostat mesin mobil yang bisa dilakukan, kamu juga perlu mengetahui cara perawatannya agar komponen thermostat kamu tidak mudah rusak. Berikut, merupakan beberapa cara perawatan thermostat mesin mobil yang bisa kamu lakukan dengan cukup mudah.

1.     Rajin Menguras Radiator

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan rajin menguras cairan pendingin yang ada di bagian radiator pada mesin mobil. Penggantian ini perlu dilakukan secara rutin agar komponen mesin thermostat mesin mobil kamu bertahan lebih lama. Adapun, waktu yang dianjurkan untuk melakukan penggantian cairan atau water coolant mesin radiator yaitu, per 40.000 km sekali.

2.     Menggunakan Water Coolant Yang Berkualitas

Cara berikutnya yang perlu dilakukan agar komponen thermostat pada mobil kamu dapat bertahan lebih lama yaitu, selalu menggunakan cairan pendingin atau water coolant yang memiliki kualitas baik. Setiap manufaktur biasanya telah menyediakan cairan pendingin radiator yang sudah dilakukan serangkaian pengujian, sehingga cocok dengan mobil yang diproduksi.

Namun, tidak hanya berbatas disitu saja karena kamu bisa membeli cairan pendingin tersebut di aftermarket. Namun, perlu diperhatikan untuk mengetahui terlebih dahulu merek apa saja yang sudah teruji dan memiliki kualitas yang dapat dipercaya. Sehingga, komponen radiator dan thermostat dapat menyesuaikan dengan cairan pendingin tersebut.

3.     Rajin Memeriksa Kipas Pendingin Radiator

Berikutnya, kamu juga harus rajin memeriksa bagian kipas pendingin yang ada dalam radiator. Pembersihan tersebut harus rutin dilakukan dan jangan sampai lupa, jika kamu tidak ingin thermostat mesin mobil kamu menjadi rusak dan menjadikan mesin mobil cepat panas.

Hal tersebut akan sangat berakibat fatal jika dibiarkan. Terlebih lagi jika kamu sedang mengemudikan mobil dan harus terjebak macet. Mesin mobil akan menjadi overheat jika kipas pendingin mengalami masalah.

4.     Lakukan Penggantian Tutup Radiator

Terakhir, tutup radiator perlu diganti secara rutin setidaknya 4 hingga 5 tahun sekali. Hal tersebut perlu dilakukan, karena pada bagian tutup radiator terdapat sebuah karet seal yang berfungsi untuk perekat saat tutup radiator dipasangkan. Sehingga, air yang ada di dalamnya tidak merembes keluar yang akan mengakibatkan overheat.

Penggantian tutup radiator ini dapat kamu lakukan di bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil. Hal tersebut sangat penting dilakukan dikarenakan thermostat mesin berperan cukup penting dalam sistem pengoprasian mesin. Sehingga pemilihan bengkel yang tepat untuk mengetahui cara pengecekan thermostat mesin sangat penting dilakukan agar hasil yang diberikan dapat lebih maksimal.

5.     Gunakan Jasa Dokter Mobil

Selain itu, segala pelayanan yang ditawarkan juga akan sangat membantu dalam mengatasi segala permasalahan mobil. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh bengkel ini, telah dilengkapi dengan mesin tools yang canggih. Sehingga, pengerjaan dapat lebih cepat, akurat, serta telah menerapkan SOP dengan standar internasional.

Baca Juga : Mengetahui Cara Mengecek Aki Mobil dan Perawatan yang Benar

Tidak hanya itu, bengkel Dokter Mobil juga memiliki teknisi yang sudah ahli dan profesional dibidangnya. Untuk semakin menambah kepercayaan pelanggan, bengkel ini juga menawarkan garansi panjang, terlebih untuk memberikan pelayanan cara pengecekan thermostat mobil kesayanganmu.

Mengetahui cara perawatan serta cara pengecekan thermostat mesin mobil sangatlah penting. Selain itu, mobil juga sebaiknya dilakukan service seperti tune up secara rutin ke bengkel terpercaya layaknya Dokter Mobil. Bengkel tersebut dapat kamu jadikan pilihan karena memiliki kualitas baik serta terdapat Free General Check Up.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5211

No votes so far! Be the first to rate this post.

Wajib Diketahui! Inilah Cara Pengecekan Thermostat Mesin Mobil

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents