📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Rutin melakukan pengecekan pada thermostat AC mobil, sangat penting dilakukan untuk menghindari berbagai macam kerusakan. Ketika kamu melakukan pengecekan dan terjadi kerusakan, maka kamu bisa memperbaikinya ke bengkel. Atau kamu pun bisa mempelajari bagaimana cara pasang thermostat AC mobil jika bermasalah.

Thermostat AC, merupakan salah satu bagian penting yang ada pada mobil. Jadi, bukan hanya mesin saja yang perlu diperhatikan. Cara Pasang Thermostat AC Mobil pun demikian. Komponen yang ada di dalamnya, sangat krusial untuk menstabilkan suhu yang ada di dalam mobil.

Dengan kata lain, kalau thermostat AC mengalami kerusakan, maka di dalam mobil kamu akan terasa panas. Tentu kamu tak ingin hal ini terjadi, kan? Ketika kondisi di dalam mobil sangat panas, tentu perjalananmu mengendarai mobil tersebut akan sangat terganggu.

Tak hanya kamu sebagai pengemudi yang terganggu. Bahkan orang lain yang ada dalam mobil, juga tidak nyaman menumpang mobil tersebut. Agar tak terjadi, ada baiknya kamu melakukan pemeliharan atau pengecekan secara rutin terhadap AC mobil seperti yang telah disarankan sebelumnya.

Atau jika memang sudah mengalami kerusakan, langsung belajar bagaimana cara pasang thermostat AC mobil yang akan diuraikan pada bagian berikut ini.

Pengertian Thermostat AC Mobil Yang Perlu Kalian Ketahui

 Thermostat AC Mobil

Mungkin kamu belum kenal betul dengan yang namanya thermostat AC mobil. Jadi, Cara Pasang Thermostat AC Mobil merupakan sensor yang memiliki fungsi untuk mengatur suhu ataupun temperatur. Thermostat, menjadi salah satu bagian yang ada dalam pendingin mobil untuk mengoptimalkan pendinginan.

Tak bisa dipungkiri, kinerja mesin yang ada pada mobil, bergerak sangat cepat saat digunakan. Hal ini bisa menyebabkan temperatur dalam mobil ikut meningkat. Pasalnya, ada perputaran yang terjadi pada beberapa komponen mobil. Ketika mesin sudah terlampau panas, bisa-bisa air mobil akan bocor atau habis.

Peran dari thermostat ini, tentu sangat penting untuk membantu radiator dalam menjaga tingkat suhu ideal dari mesin yang bergerak sangat cepat. Cara kerjanya, yakni dengan mengikuti sistem kerja pada komponen pendingin lainnya yang ada dalam mobil.

Ketika suhu sudah mencapai kurang lebih 95 – 90o celcius, thermostat akan secara otomatis terbuka lagi. Kemudian, ia akan memberi jalan air pendingin yang akan melakukan proses pendinginan lewat radiator yang ada dalam mobil.

Secara singkat, fungsi dari thermostat ini mirip dengan saklar yang saat dibutuhkan, akan membuat komponen dalam mobil mengatur jalannya aliran dari air pendingin. Agar mengetahui bagaimana cara kerja dari thermostat ac mobil ini secara lengkap, kamu bisa cek pada uraian yang akan diberikan pada bagian berikut.

Cara Kerja Thermostat AC Mobil

Seperti yang sudah diuraikan pada tulisan di atas, thermostat AC mobil memiliki fungsi untuk membantu radiator. Thermostat membantu radiator dalam hal mengatur suhu atau temperatur dari mesin mobil agar tetap ideal dan tidak mengalami overheat. Thermostat AC mobil, bekerja dengan sistem sebagai berikut:

  • Water pump akan memompa air agar bisa menuju mesin mobil.
  • Nantinya, air tersebut akan mengalir lewat water jacket. Water jacket, merupakan jalur air yang ada di dalam mesin mobil dan mengitari setiap mesin atau komponen yang ada.
  • Ketika mengalir, air pendingin yang ada dalam mesin akan menangkap suhu panas yang dihasilkan oleh mesin.
  • Kemudian, air akan bergerak ke luar lewat selang yang sudah ada pada mesin.
  • Selanjutnya, air tersebut akan bergerak menuju bagian atas dari radiator.
  • Ketika air pendingin sudah masuk ke bagian atas radiator, suhu yang ada pada komponen atau mesin mobil tersebut akan menurun.
  • Suhu panas yang dihasilkan oleh mesin, akan terbuang lewat kisi-kisi kecil yang ada pada radiator. Nantinya, panas tersebut akan pindah ke udara menggunakan bantuan dari kipas yang terdapat pada radiator.
  • Suhu air yang ada pada radiator, juga ikut menurun lalu keluar dari selang yang ada.
  • Nah, air yang sudah keluar dari selang, akan dipompa lagi agar menuju mesin.
  • Fungsi memompanya lagi tentu saja untuk menurunkan temperatur atau tingkat suhu yang dihasilkan oleh pergerakan mesin mobil.

Dengan cara kerja ini, Cara Pasang Thermostat AC Mobil akan menjaga suhu yang ada pada mobil tetap ideal dan tidak terlalu panas. Proses tersebut, selalu terjadi secara terus-menerus serta berulang. Hal tersebut akan tetap terjadi, selama suhu mobil berada dalam kondisi maksimal.

Namun, ketika suhu mobil tidak terlalu panas, maka aliran air yang berputar, nantinya akan secara otomatis ditutup oleh thermostat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ketika suhu sudah kurang dari 85 – 90 derajat celcius, maka thermostat akan memberi jalan atau terbuka kembali untuk mengalirkan air pendingin.

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Tentu saja, thermostat AC mobil memiliki peran yang sangat penting bagi mobil. Jadi, tak hanya mesin saja yang perannya dan perawatannya perlu diperhatikan. Cara Pasang Thermostat AC Mobil uga perlu dicek secara berkala atau melakukan perbaikan jika memang terjadi kerusakan pada thermostat.

Kalau misalnya kerusakan thermostat AC mobil dibiarkan, bisa saja semua komponen ataupun rangkaian yang ada pada sistem pendingin mobil, juga ikut rusak karenanya. Maka dari itu, pemeriksaan thermostat penting dilakukan agar kamu tahu apakah ada masalah atau tidak.

Jika memang sudah terdapat kerusakan, maka lebih baik segera memperbaiki thermostat atau segera menggantinya dengan yang baru agar mobil kesayanganmu tidak mengalami overheating. Kalau belum mengerti bagaimana cara memasang atau menggantinya, silakan simak langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan buka akses yang terdapat pada bagian thermostat. Caranya yakni dengan membuka kap mobil. Harap untuk menggunakan sarung tangan. Kemungkinan, bagian tersebut masih cukup panas.
  • Kemudian, kamu bisa langsung mencari bagian radiator.
  • Setelah itu, temukanlah thermostat AC mobil. Thermostat sangat mudah dikenali. Di sana, terdapat selang yang pendek dan berwarna hitam. Selang yang pendek tersebut, memang sudah melekat atau terpasang pada penutupnya.
  • Kalau sudah menemukan bagian tersebut, silakan keluarkanlah bagian pendingin.
  • Lepaslah saluran air keluar atau selang karet yang terdapat pada bagian atas.
  • Lepas juga tutup thermostat lalu keluarkanlah dan ganti dengan yang baru.
  • Pasanglah gasket yang baru pada thermostat tersebut.
  • Luruskan jiggle valve yang ada pada komponen tersebut. Letaknya ada di sisi sebelah kanan.
  • Posisi dari jiggle valve, dapat kamu geser sekitar 10 derajat ke kiri ataupun ke kanan dari tanda.
  • Silakan masukkan ke dalam rumah saluran jika sudah selesai melakukannya.
  • Jangan lupa untuk memasang kembali saluran air keluar yang sebelumnya telah dilepaskan.

Dengan melakukan cara pasang thermostat AC mobil di atas, maka thermostat mobilmu yang sebelumnya rusak, sudah bisa kembali memiliki kinerja yang optimal untuk mendinginkan suhu mesin pada mobil. Jika ini masih dirasa rumit, ada baiknya untuk membawa mobilmu ke bengkel AC mobil yang sudah berpengalaman.

Kamu bisa membawanya ke Dokter Mobil yang merupakan salah satu spesialis AC mobil berkualitas. Tak hanya bisa memperbaiki atau mengganti Cara Pasang Thermostat AC Mobil, di Dokter Mobil kamu juga bisa melakukan Tune Up agar mobil milikmu jadi lebih ngacir dan performanya optimal.

Belum cukup di situ. Kalau kamu penasaran terhadap apa saja masalah yang mungkin terjadi pada mobil, Dokter Mobil sudah menyediakan Free General Check Up yang akan mengecek kondisi mobilmu secara keseluruhan. Seperti nama layanannya, Free General Check Up tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Rutin melakukan pengecekan pada thermostat AC mobil, sangat penting dilakukan untuk menghindari berbagai macam kerusakan. Ketika kamu melakukan pengecekan dan terjadi kerusakan, maka kamu bisa memperbaikinya ke bengkel. Atau kamu pun bisa mempelajari bagaimana cara pasang thermostat AC mobil jika bermasalah.

Thermostat AC, merupakan salah satu bagian penting yang ada pada mobil. Jadi, bukan hanya mesin saja yang perlu diperhatikan. Thermostat pun demikian. Komponen yang ada di dalamnya, sangat krusial untuk menstabilkan suhu yang ada di dalam mobil.

Dengan kata lain, kalau thermostat AC mengalami kerusakan, maka di dalam mobil kamu akan terasa panas. Tentu kamu tak ingin hal ini terjadi, kan? Ketika kondisi di dalam mobil sangat panas, tentu perjalananmu mengendarai mobil tersebut akan sangat terganggu.

Tak hanya kamu sebagai pengemudi yang terganggu. Bahkan orang lain yang ada dalam mobil, juga tidak nyaman menumpang mobil tersebut. Agar tak terjadi, ada baiknya kamu melakukan pemeliharan atau pengecekan secara rutin terhadap AC mobil seperti yang telah disarankan sebelumnya Mengetahui Cara Pasang Thermostat AC Mobil.

Atau jika memang sudah mengalami kerusakan, langsung belajar bagaimana cara pasang thermostat AC mobil yang akan diuraikan pada bagian berikut ini.

Apa Itu Thermostat AC Mobil?

Mungkin kamu belum kenal betul dengan yang namanya Cara Pasang Thermostat AC Mobil. Jadi, thermostat AC mobil merupakan sensor yang memiliki fungsi untuk mengatur suhu ataupun temperatur. Thermostat, menjadi salah satu bagian yang ada dalam pendingin mobil untuk mengoptimalkan pendinginan.

Tak bisa dipungkiri, kinerja mesin yang ada pada mobil, bergerak sangat cepat saat digunakan. Hal ini bisa menyebabkan temperatur dalam mobil ikut meningkat. Pasalnya, ada perputaran yang terjadi pada beberapa komponen mobil. Ketika mesin sudah terlampau panas, bisa-bisa air mobil akan bocor atau habis.

Peran dari Cara Pasang Thermostat AC Mobil  ini, tentu sangat penting untuk membantu radiator dalam menjaga tingkat suhu ideal dari mesin yang bergerak sangat cepat. Cara kerjanya, yakni dengan mengikuti sistem kerja pada komponen pendingin lainnya yang ada dalam mobil.

Ketika suhu sudah mencapai kurang lebih 95 – 90o celcius, thermostat akan secara otomatis terbuka lagi. Kemudian, ia akan memberi jalan air pendingin yang akan melakukan proses pendinginan lewat radiator yang ada dalam mobil.

Secara singkat, fungsi dari thermostat ini mirip dengan saklar yang saat dibutuhkan, akan membuat komponen dalam mobil mengatur jalannya aliran dari air pendingin. Agar mengetahui bagaimana cara kerja dari thermostat ac mobil ini secara lengkap, kamu bisa cek pada uraian yang akan diberikan pada bagian berikut.

Cara Kerja Thermostat AC Mobil

Seperti yang sudah diuraikan pada tulisan di atas, Cara Pasang Thermostat AC Mobil memiliki fungsi untuk membantu radiator. Cara Pasang Thermostat AC Mobil membantu radiator dalam hal mengatur suhu atau temperatur dari mesin mobil agar tetap ideal dan tidak mengalami overheat. Thermostat AC mobil, bekerja dengan sistem sebagai berikut:

  • Water pump akan memompa air agar bisa menuju mesin mobil.
  • Nantinya, air tersebut akan mengalir lewat water jacket. Water jacket, merupakan jalur air yang ada di dalam mesin mobil dan mengitari setiap mesin atau komponen yang ada.
  • Ketika mengalir, air pendingin yang ada dalam mesin akan menangkap suhu panas yang dihasilkan oleh mesin.
  • Kemudian, air akan bergerak ke luar lewat selang yang sudah ada pada mesin.
  • Selanjutnya,Cara Pasang Thermostat AC Mobil air tersebut akan bergerak menuju bagian atas dari radiator.
  • Ketika air pendingin sudah masuk ke bagian atas radiator, suhu yang ada pada komponen atau mesin mobil tersebut akan menurun.
  • Suhu panas yang dihasilkan oleh mesin, akan terbuang lewat kisi-kisi kecil yang ada pada radiator. Nantinya, panas tersebut akan pindah ke udara menggunakan bantuan dari kipas yang terdapat pada radiator.
  • Suhu air yang ada pada radiator, juga ikut menurun lalu keluar dari selang yang ada.
  • Nah, air yang sudah keluar dari selang, akan dipompa lagi agar menuju mesin.
  • Fungsi memompanya lagi tentu saja untuk menurunkan temperatur atau tingkat suhu yang dihasilkan oleh pergerakan mesin mobil.

Dengan cara kerja ini, Cara Pasang Thermostat AC Mobil akan menjaga suhu yang ada pada mobil tetap ideal dan tidak terlalu panas. Proses tersebut, selalu terjadi secara terus-menerus serta berulang. Hal tersebut akan tetap terjadi, selama suhu mobil berada dalam kondisi maksimal.

Namun, ketika suhu mobil tidak terlalu panas, maka aliran air yang berputar, nantinya akan secara otomatis ditutup oleh thermostat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ketika suhu sudah kurang dari 85 – 90 derajat celcius, maka thermostat akan memberi jalan atau terbuka kembali untuk mengalirkan air pendingin.

Dibaca Juga:Bengkel Remap Mobil Terdekat di Cirebon

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Tentu saja, Cara Pasang Thermostat AC Mobil memiliki peran yang sangat penting bagi mobil. Jadi, tak hanya mesin saja yang perannya dan perawatannya perlu diperhatikan. Thermostat juga perlu dicek secara berkala atau melakukan perbaikan jika memang terjadi kerusakan pada thermostat.

Kalau misalnya kerusakan thermostat AC mobil dibiarkan, bisa saja semua komponen ataupun rangkaian yang ada pada sistem pendingin mobil, juga ikut rusak karenanya. Maka dari itu, pemeriksaan thermostat penting dilakukan agar kamu tahu apakah ada masalah atau tidak.

Jika memang sudah terdapat kerusakan, maka lebih baik segera memperbaiki thermostat atau segera menggantinya dengan yang baru agar mobil kesayanganmu tidak mengalami overheating. Kalau belum mengerti bagaimana cara memasang atau menggantinya, silakan simak langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan buka akses yang terdapat pada bagian thermostat. Caranya yakni dengan membuka kap mobil. Harap untuk menggunakan sarung tangan. Kemungkinan, bagian tersebut masih cukup panas.
  • Kemudian, kamu bisa langsung mencari bagian radiator.
  • Setelah itu, temukanlah Cara Pasang Thermostat AC Mobil. Cara Pasang Thermostat AC Mobil sangat mudah dikenali. Di sana, terdapat selang yang pendek dan berwarna hitam. Selang yang pendek tersebut, memang sudah melekat atau terpasang pada penutupnya.
  • Kalau sudah menemukan bagian tersebut, silakan keluarkanlah bagian pendingin.
  • Lepaslah saluran air keluar atau selang karet yang terdapat pada bagian atas.
  • Lepas juga tutup thermostat lalu keluarkanlah dan ganti dengan yang baru.
  • Pasanglah gasket yang baru pada Cara Pasang Thermostat AC Mobil tersebut.
  • Luruskan jiggle valve yang ada pada komponen tersebut. Letaknya ada di sisi sebelah kanan.
  • Posisi dari jiggle valve, dapat kamu geser sekitar 10 derajat ke kiri ataupun ke kanan dari tanda.
  • Silakan masukkan ke dalam rumah saluran jika sudah selesai melakukannya.
  • Jangan lupa untuk memasang kembali saluran air keluar yang sebelumnya telah dilepaskan.

Dengan melakukan cara pasang thermostat AC mobil di atas, maka thermostat mobilmu yang sebelumnya rusak, sudah bisa kembali memiliki kinerja yang optimal untuk mendinginkan suhu mesin pada mobil. Jika ini masih dirasa rumit, ada baiknya untuk membawa mobilmu ke bengkel AC mobil yang sudah berpengalaman.

Kamu bisa membawanya ke Dokter Mobil yang merupakan salah satu spesialis AC mobil berkualitas. Tak hanya bisa memperbaiki atau mengganti thermostat AC, di Dokter Mobil kamu juga bisa melakukan Tune Up agar mobil milikmu jadi lebih ngacir dan performanya optimal.

Belum cukup di situ. Kalau kamu penasaran terhadap apa saja masalah yang mungkin terjadi pada mobil, Dokter Mobil sudah menyediakan Free General Check Up yang akan mengecek kondisi mobilmu secara keseluruhan. Seperti nama layanannya, Free General Check Up tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2535

No votes so far! Be the first to rate this post.

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Cara Pasang Thermostat AC Mobil

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents