📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat

Cara Memperbaiki Radiator Buntu Tersumbat

Radiator memiliki fungsi pendinginan di mobil dan masuk dari salah satu sistem pendinginan mesin. Kinerjanya harus digabungkan bersama komponen pendingin lainnya di sistem pendinginan. Proses pendinginan mesin sendiri sangat diperlukan guna mencegah mesin overheat. Sebelum mobil Anda mengalami masalah ini, penting untuk tahu cara memperbaiki radiator buntu tersumbat.

Masalah radiator buntu sering terjadi terutama ketika mobil kelupaan diservis secara rutin. Maka dari itu disarankan seorang pengemudi mobil memahami mekanisme kerja sistem pendingin di mobilnya. Beberapa caranya akan dijelaskan secara runtut dalam ulasan kali ini. Anda juga akan dibawa untuk memahami fungsi dan mekanisme kerja dari radiatornya sendiri.

Fungsi dan Cara Kerja Radiator Mobil

Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat

Mesin yang mengalami overheat parah bisa mengalami kebakaran. Guna mencegah fenomena mengerikan tersebut para perancang mobil menambahkan fungsi pendinginan mesin. Salah satu komponen yang masuk kategori sistem pendinginan adalah radiator. Fungsi dari radiator adalah mengalirkan kalor panas yang dibawa air dari mesin agar dilakukan pendinginan dengan bantuan udara.

Radiator akan membuat air pendingin mengalir dan berputar mengelilingi mesin mobil. Air pendingin (sering disebut coolant) akan mengalir sepanjang pipa di sekitar komponen mesin bergerak. Air yang mengalir akan menghisap panas dari mesin dan membuang panas ke udara.

Air pendingin yang sudah dingin akan kembali dialirkan menuju mesin. Proses ini akan terus terjadi otomatis selama mesin kendaraan menyala. Di dalam radiator sendiri juga terdapat bermacam-macam komponen penting. Beberapa komponen penting yang dimaksud adalah:

  1. Upper Tank

Pada sistem pendinginan radiator terdapat komponen upper tank. Komponen tersebut berperan sebagai penampungan coolant yang membawa suhu panas setelah mengelilingi mesin mobil. Upper tank memiliki bentuk memanjang dan ada di lokasi atas radiator. Upper tank juga memiliki nama lain yang disebut dengan reservoir tank.

  1. Radiator Core

Sebelum Anda mulai mempelajari tentang cara memperbaiki radiator buntu tersumbat maka penting mengetahui komponen radiator core juga. Radiator core punya bentuk pipa kecil yang penuh dengan lubang. Peran dari radiator core lebih pada menghantarkan panas yang dibawa air untuk melewati aliran udara luar mobil.

  1. Lower Tank

Komponen lain yang juga ada di dalam pendingin adalah lower tank. Bagian lower tank berperan sebagai penampungan air yang sudah didinginkan dengan aliran udara. Lower tank terletak di bagian bawah komponen radiator. Air dari lower tank ini sudah siap untuk dialirkan kembali mengelilingi mesin guna menyerap kalor mesin.

  1. Sirip Radiator

Ada juga komponen radiator yang disebut sirip radiator. Komponen tersebut akan mempermudah pelepasan panas yang dibawa air menuju udara. Sirip radiator ini berada di bagian tengah.

Selanjutnya penting bagi Anda untuk mengetahui cara kerja radiator. Cara kerjanya adalah pompa akan mengalirkan air coolant mengitari mesin yang menghasilkan panas. Air coolant akan mulai menyerap kalor yang dihasilkan dari gesekan mesin. Kemudian air akan dibawa menuju kembali ke radiator.

Sampai di radiator air akan kembali diteruskan ke bagian radiator core untuk dibuang panas ke udara. Radiator core memiliki kipas yang akan membantu air melepaskan kalor lebih cepat ke udara. Udara akan berhembus melalui sirip-sirip radiator. Setelah suhu panas berpindah maka air akan kembali memutari seluk beluk mesin dan menyerap kalornya.

Tidak heran kalau radiator punya fungsi sangat krusial pada mesin mobil. Anda tidak boleh membiarkan bagian radiator rusak karena akan langsung berdampak terhadap performa mesin.

Cara Memperbaiki Radiator Buntu Tersumbat

Anda sudah memahami tentang fungsi, beberapa komponen radiator, sekaligus cara kerjanya. Sekarang penting untuk mempelajari cara memperbaiki radiator buntu tersumbat. Pahami bahwa hanya orang handal saja yang diperbolehkan melakukan perbaikan. Ikuti beberapa langkahnya sebagai berikut.

  1. Persiapkan Peralatan yang Diperlukan

Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat yang pertama adalah persiapkan peralatan yang diperlukan seluruhnya. Hal ini sangat membantu proses perbaikan menjadi lebih singkat dan tidak melelahkan mekanik. Beberapa peralatan yang sering dipakai untuk memperbaiki radiator adalah air coolant, pembersih radiator (cairan khusus), spons, dan kuas.

  1. Tahap Pembersihan Radiator

Langkah lain yang perlu dilakukan dalam cara memperbaiki radiator buntu tersumbat adalah pembersihan radiator. Sebelum mulai membersihkan maka Anda harus memastikan bahwa mesin mobil sudah dalam kondisi mati. Jangan sampai lupa karena mesin mobil yang menyala bisa membahayakan mekanik.

Membuka penutup radiator pada kondisi mesin menyala sudah pasti berbahaya bagi tangan karena sangat panas. Pahami bahwa mesin menyala bersuhu sekitar 85 – 90 derajat Celcius. Apabila mesin mobil sudah dimatikan maka bagian kap mobil sudah bisa dibuka. Dilanjutkan dengan membuka bagian penutup radiator mobil.

  1. Kuras Radiator

Anda bisa melanjutkan ke cara memperbaiki radiator buntu tersumbat lainnya yakni kuras radiator. Tahapan pengurasan juga perlu dilakukan khusus. Bersihkan setiap kali radiator mobil memiliki volume air radiator di titik lower tangki. Alias air berada di tangki bagian paling bawah.

Bila itu susah untuk diwujudkan maka Anda tetap bisa melakukan ketika air masih ada di tangki lain. Di kondisi tersebut pastikan untuk menguras air radiator yang masih tersisa. Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat di tahapan ini bisa dilakukan dengan membuka keran yang berlokasi di bawah tangki radiator.

  1. Pembersihan Selang Air Radiator

Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat yang berikutnya adalah mulai membersihkan bagian selang air radiator juga. Pembersihan radiator mobil penting karena bisa menghempaskan kotoran yang menempel dan menjadi penyebab buntu. Semprotkan air masuk ke dalam selang radiator dan terus semprotkan sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel di selang.

Pastikan Anda tidak menggunakan air keran agar tidak ada lumut yang terikut masuk ke selang radiator. Langkah ini penting diperhatikan karena tindakan pembersihan komponen radiator akan menjadi sedikit sia-sia kalau bagian selang tidak benar-benar bersih, tetapi membersihkan bagian radiator dengan benar.

Selang radiator yang karatan juga bisa menjadi penyebab mesin karatan dan kotor. Pastikan berulang kali agar selang radiator yang dibersihkan benar-benar bersih.

  1. Pembersihan Bagian Inti Radiator

Anda sudah selesai dengan proses pembersihan selang radiator. Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat yang selanjutnya adalah membersihkan bagian inti komponen radiator. Proses pembersihan harus memanfaatkan kuas dan sikat. Campur kuas atau sikat dengan cairan pembersih baru diusapkan ke inti radiator.

Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat ini adalah yang terpenting dan dilakukan dengan mengisi air di radiator. Air yang keluar dari radiator harus bersih. Disarankan untuk membersihkan bagian ini pakai air galon sehingga benar-benar bersih. Tidak disarankan membersihkan pakai air sumur atau PAM karena punya kandungan kapur tinggi.

Baca Juga : Service Thermistor AC Mobil Cirebon Terbaik

Apabila Anda belum memiliki pengetahuan dan keahlian yang cukup dalam cara memperbaiki radiator buntu tersumbat sebaiknya bawa mobil ke Dokter Mobil. Dijamin mekanik akan bekerja dengan professional dan hasil pembersihan atau perbaikan radiator akan prima. Kami juga menyediakan general check-up dan juga service berkala.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Cara memperbaiki radiator buntu tersumbat

Cara Memperbaiki Radiator Buntu Tersumbat

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents