📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering pada Mobil

Salah satu permasalahan yang sering muncul pada mobil adalah aki kering. Orang yang tidak paham biasanya akan langsung memanggil mekanik untuk memperbaiki hal tersebut. Padahal cara memperbaiki aki kering dapat diatasi dengan mudah asalkan memahami langkahnya. Itulah mengapa penting bagi para pemilik mobil untuk mengetahui cara memperbaiki aki kering.

Aki kering tidak bisa dibiarkan berlama-lama karena sangat berpengaruh terhadap performa mesin mobil. Membiarkan mobil dalam keadaan yang demikian akan membuat komponen listriknya kurang mendapatkan hantaran listrik memadai, Sebelum mempelajari cara memperbaiki alangkah baiknya Anda memahami penyebab dari aki kering terlebih dahulu.

Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Tidak Kamu sadari

Aki Kering

Banyak faktor yang mempengaruhi aki bisa tekor alias kering. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah mobil jarang dipakai berkendara sehingga aki tak mendapatkan suplai listrik dalam waktu lama. cara memperbaiki aki kering bisa bekerja secara optimal ketika sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama. Penyebab lain dari aki tekor dapat Anda simak berikut.

  1. Penggunaan Mobil Terlalu Intens

Mobil yang digunakan berkendara terlalu sering juga kurang baik bagicara memperbaiki aki kering . Mengapa bisa aki mobil habis ketika sering digunakan? Karena terlalu banyak daya listrik yang diperlukan dan aki bekerja terlalu keras. Kinerja aki yang terlalu keras juga akan mengurangi umur penggunaan dari akinya.

Tidak heran bila mobil yang sering dipakai jadi lebih sering rusak. Kondisi ini sering terjadi pada mobil yang dipergunakan untuk touring maupun travel. Setiap spare part dari mobil memiliki umur pakai berbeda yang perlu dirawat dan diperbarui berkala. Inilah yang menjadi penyebab semakin sering mobil digunakan harus semakin sering diservice.

  1. Kehabisan Air Aki

Mobil yang menggunakan aki tipe basah perlu dilakukan isi ulang berkala. Aki berjenis basah memungkinkan isi ulang sehingga proses penggunaan bisa berlangsung lebih lama. Perawatan service secara rutin membuat pihak mekanik menyadari kapan harus mengisi ulang. Berbeda halnya pada mobil yang jarang diservice.

Tahu-tahu nanti air akinya sudah keburu habis baru menyadari jika mesin tidak dapat bekerja karena sudah kehabisan air aki. cara memperbaiki aki kering yang sudah habis perlu segera diisi ulang agar tidak soak. Penting untuk mengecek air aki sebelum memutuskan bepergian jarak jauh.

  1. Kapasitas Aki Kecil

Pemilihan aki mobil tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus sesuai kapasitas listrik dari mobil. Jika cara memperbaiki aki kering yang terpasang pada mobil lebih kecil dari kapasitas seharusnya maka dapat menyebabkan over suplai dan mengurangi usia pakai aki.

Usahakan untuk tidak memasang aki mobil sendiri dan menyerahkan kepada mekanik yang handal bila belum ahli. Mekanik dari Dokter Mobil Cirebon akan bisa memahami kapasitas yang cocok pada suatu mobil. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya over suplai pada aki.

  1. Terlalu Banyak Aksesori Mobil

Tindakan yang sering tidak terpikir berpengaruh terhadap usia pakai aki adalah pemberian aksesori pada mobil yang berlebihan. Proses modifikasi sering dilakukan sebagai hobi oleh pemilik mobil. Namun beberapa modifikasi seperti penambahan sistem audio juga bisa mempengaruhi usia pakai aki.

Proses pemasangan sistem audio tambahan perlu memperhatikan kesesuaian kapasitas mobil. Dilansir dari garasi, semua sistem audio memerlukan daya listrik yang besar sehingga bisa mempengaruhi penggunaan dari aki mobil. Membiarkan proses ini berlama-lama dapat membuat daya yang dimiliki cara memperbaiki aki kering jadi terkuras habis dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada aki.

Dibaca Juga:Power Window Mobil Anda Mengalami Masalah? Ini Dia Cara Merawatnya

Cara Memperbaiki Aki Kering

Aki kering memiliki cairan di dalamnya yang berupa gel. Penggunaan wujud berupa gel sengaja dilakukan karena bisa mencegah terjadinya penguapan. Alhasil, uap dalam aki tetap terjebak di dalam gel dan tidak terbuang keluar. Bagi yang penasaran terhadap cara memperbaiki aki kering dapat simak terus ulasannya sampai selesai.

  1. Lepaskan Hubungan Arus pada Aki

Cara memperbaiki aki kering Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mencoba memperbaiki aki kering adalah melepaskan dari arusnya dahulu. Melepaskan sekaligus memutuskan arus aki dapat dilakukan dengan melepaskan kedua kabel yang terhubung. Mulai pelepasan kabel dari yang positif dahulu baru yang kabel negative.

Proses melepaskan perlu dilakukan oleh orang yang ahli supaya tidak terjadi korslet. Korslet atau arus pendek dapat berakhir pada menyebabkan percikan api yang berbahaya. Jika kedua kabel sudah dilepaskan maka Anda bisa mengeluarkan aki kering dari dalam boks.

  1. Buka Bagian Penutup Aki

Bagian penutup cara memperbaiki aki kering perlu dibuka sebelum mulai memasukkan air zuur. Bagian yang dibuka berupa penutup karet. Jika bagian penutup karet pada aki sudah terbuka maka Anda bisa mulai masuk ke langkah berikutnya guna mengisi air zuur.

  1. Pengisian Air Zuur

Proses selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengisian air zuur. Anda perlu membeli air zuur pada bengkel dan pilih yang berkualitas. Memasukkan air zuur sembarangan ke dalam cara memperbaiki aki kering justru dapat memacu terjadinya kerusakan pada aki. Proses memasukkan air zuur juga tidak bisa dituang langsung.

Anda memerlukan suntikan khusus guna memasukkan air zuur. Proses penyuntikan air zuur dilakukan pada bagian lubang aki. Pengisian juga ada batasannya sehingga tidak boleh melebihi batasan tersebut. Pengisian yang melebihi batas juga dapat merusak bagian akinya.

  1. Tutup Kembali Aki

Anda sudah selesai menyuntikkan air zuur sesuai batasan yang tepat. Segera tutup kembali karet aki dengan rapat. Menutup bagian karet cara memperbaiki aki kering harus dilakukan dengan baik agar tidak terdapat udara yang masuk ke dalam aki. Udara yang masuk ke dalam aki bisa menghambat kinerja dari aki mobil juga.

  1. Pasang Kembali Aki

Masukkan kembali aki ke dalam bok dan bersiap untuk memasang kedua kabel. Proses pemasangan kabel positif dan negative tidak boleh terbalik urutannya. Keliru dalam memasang kabel positif dan negative dapat menyebabkan arus pendek.

Cek kembali kabel positif dan negative agar memastikan kabel sudah terpasang dengan baik. Kabel yang terpasang dengan baik memungkinkan arus listrik berjalan dengan lancar.

  1. Mulai Menghidupkan Mesin Mobil

Cara memperbaiki aki kering terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mencoba apakah aki sudah berfungsi dengan baik. Coba nyalakan mesin mobil dan perhatikan apakah RPM stasioner sudah lebih dari 600 RPM. Stasioner mesin yang memperlihatkan angka dibawah 600 RPM berarti menunjukkan bagian aki belum terisi maksimal.

Namun saat Anda sudah mencoba cara ini dan mesin mobil belum menyala maka Anda dapat menghubungi Dokter Mobil Cirebon. Mekanik kami akan datang ke tempat Anda untuk mengecek permasalahan apa yang membuat mobil tidak dapat menyala dan aki tidak kunjung terisikan dayanya.

Jika kerusakan pada aki serius dan tidak dapat dipakai lagi, maka mekanik akan menyarankan penggantian aki baru. Aki yang kami tawarkan kepada pelanggan semua bersifat resmi dan berkualitas. Selain menangani penggantian dan pengisian aki, bengkel kami juga menyediakan service mobil seperti tune up. Kami juga menawarkan free general check up pada kendaraan pelanggan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1378

No votes so far! Be the first to rate this post.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering pada Mobil

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents