📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

alat pendingin mesin mobil

Mengenal Berbagai Komponen Alat Pendingin Mesin Mobil

Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih ini keberadaan mobil menjadi salah satu kendaraan pilihan keluarga. Sebagai pemilik mobil k amu harus paham mengenai komponen yang ada dalam mobil. Salah satunya mengenai alat pendingin mesin mobil yang berfungsi untuk menstabilkan suhu mesin mobil.

Alat pendingin mesin ini akan bekerja untuk memastikan suhu mesin tetap terjaga dan temperature mesin dalam kondisi optimal. Mesin mobil sendiri memiliki banyak komponen yang bekerja secara bersamaan. Nah, untuk menjaga komponen mobil tetap maksimal dibutuhkan alat pendingin mesin yang juga disebut radiator.

Jadi alat pendingin mesin mobil atau radiator ini bekerja untuk menjaga suhu mesin yang menyala tetap dalam kondisi dingin. Kalau suhu mesin alami overheat bisa menyebabkan mesin mobil mati.

Beragam Komponen Pada Alat Pendingin Mesin Mobil

alat pendingin mesin mobil

Sebagai pemilik mobil kamu perlu tahu beberapa alat pendingin mesin mobil. pendingin mobil juga didukung oleh beberapa komponen lainnya agar bisa maksimal. Lantas, apa saja komponen pada sistem pendingin mesin? Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. Radiator

Komponen pertama yang ada pada sistem pendingin mesin mobil adalah Radiator. Komponen ini bekerja untuk mendinginkan air pendingin mesin dengan cara membuang panas melalui kisi-kisi radiator.

Air yang sudah dipakai untuk menstabilkan mesin mobil maka akan didinginkan lagi oleh radiator dan dibuang melalui kisi-kisi radiator. Nantinya air tersebut akan ditampung pada lower tank dan diputar lagi agar bisa berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil.

  1. Kipas Radiator

Alat pendingin mesin mobil selanjutnya adalah Kipas radiator. Komponen ini berperan untuk memberi aliran udara di komponen radiator. Aliran udara ini sangat dibutuhkan untuk proses pendinginan cairan atau air di radiator.

Sistem pendingin ini menggunakan fan radiator yang bekerja dengan tali kipas. Kemudian ada motor fan kipas radiator yang dijalankan melalui sistem komputer mobil.

Sistem kerja kipas radiator ini berbeda dengan kipas biasa yang meniupkan udara, melainkan menyerapnya. Nantinya udara dingin ini akan dialirkan ke mesin melalui kisi radiator.

  1. Pompa air

Komponen ini berperan untuk pengantar sirkulasi air dari lower tank radiator menuju mesin. Pengaliran ini bertujuan agar air radiator bisa berfungsi lagi untuk mendinginkan mesin mobil yang menyala.

Cara kerja pompa air ini pastinya menyesuaikan perputaran mesin karena komponen ini sudah tersambung langsung dengan V-Belt. Jadi V-Belt ini komponen yang menghubungkan antara pompa air dan mesin mobil.

  1. Thermostat

Thermostat merupakan komponen yang berperan untuk mengatur sirkulasi air pendingin mesin. Alat pendingin mesin mobil ini memiliki dua jenis yaitu thermostat katup by pass dan thermstat tida dengan katup by pass.

Thermostat sendiri akan bekerja bila suhu mesin sudah mencapai panas tertentu. Kalau belum mencapai panas, thermostat berperan menjaga air agar tidak sirkulasi. Kalau suhunya sudah mencapai maksimal maka komponen ini akan membuka salurannya secara otomatis.

  1. Tabung Reservoir

Alat pendingin mesin mobil ini berperan untuk menampung uap dari radiator saat suhunya panas tinggi. Pada saat tekanan upper tank sedang meningkat maka tabung reservoir berperan untuk menyimpan air. Jadi nanti air yang ada di tabung reservoir diputar kembali saat katub vacuum bekerja.

  1. Selang radiator

Agar kondisi suhu mesin tetap terjaga maka dibutuhkan komponen yaitu selang radiator. Jadi selang radiator ini berfungsi untuk menghubungkan blok mesin dengan radiator.

Selang radiator sendiri ada dua yaitu selang yang menuju ke bawah dan ke atas. Selang yang ke bawah ini akan mengalirkan air yang sudah melalui proses pendinginan dan akan menuju ke mesin. Kalau selang ke atas ini berfungsi untuk mengalirkan air panas menuju radiator.

  1. Tangki radiator cadangan

Tangki radiator cadangan merupakan komponen yang berperan untuk menampung air yang meluap dari radiator. Saat suhu mesin meningkat maka tekanan di sistem pendingin juga meningkat.

Itulah beberapa komponen alat pendingin mesin mobil yang perlu kamu ketahui. Pastikan semua komponen ini dalam kondisi baik agar bisa bekerja secara optimal. Kamu juga sudah lebih paham mengenai kebutuhan komponen pendingin mesin.

Ketika ada beberapa komponen pendingin mesin yang tidak bekerja maksimal maka kamu harus segera melakukan perbaikan. Mengingat kerusakan yang terjadi membuat sistem pendingin tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Tune Up Mobil Terbaik Hanya di Bengkel Dokter Mobil

Kalau membahas mengenai perawatan mobil pastinya kamu sebagai pengguna harus melakukan perawatan dengan baik. Jangan sampai mobil kesayangan harus mengalami beberapa permasalahan terutama kerusakan pada alat pendingin mesin mobil.

Apabila alat pendingin tidak bisa bekerja dengan baik menyebabkan mesin mobil alami overheat dan macet. Agar masalah ini tidak terjadi pada mobil kamu, lakukan service secara berkala di bengkel mobil yang terpercaya.

Saat ini sudah banyak bengkel mobil yang bagus namun tidak semua mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Agar tidak salah pilih kamu bisa percayakan service mobil pada bengkel Dokter Mobil.

Bengkel Dokter mobil ini menawarkan layanan free general check up mobil. Tentunya kamu bisa manfaatkan tawaran ini sebaik mungkin karena kamu bisa menghemat biaya check up mobil. Selain itu bengkel ini juga menawarkan beberapa layanan seperti service mesin secara berkala, upgrade performance, ganti oli, dan lainnya.

Bengkel mobil ini memang sudah terpercaya mampu mengatasi berbagai kerusakan termasuk kerusakan pada alat pendingin mesin mobil. Banyak kalangan merekomendasikan bengkel Dokter Mobil karena bengkel ini menawarkan banyak keunggulan dibandingkan bengkel mobil lainnya.

  1. Teknisi profesional

Bengkel Dokter Mobil telah diisi oleh para teknisi yang profesional dan berpengalaman. Tentunya mereka bekerja sesuai SOP yang berlaku sehingga hasil pekerjaannya lebih akurat dan tidak asal-asalan.

  1. Menggunakan mesin terbaru

Proses pengerjaan dilakukan dengan mengandalkan mesin dan tools yang canggih. Sehingga dengan peralatan yang lengkap proses pengerjaan bisa dilakukan dengan cepat dan hasilnya maksimal.

  1. Pengerjaan di bengkel lebih cepat

Saat kamu pergi ke bengkel Dokter Mobil maka tidak perlu khawatir akan menghabiskan waktu lama. Sebab untuk setiap pengerjaan janya membutuhkan waktu sekitar 60 menit saja.

  1. Garansi service panjang

Bengkel mobil pada umumnya juga menawarkan garansi service namun hanya berlaku sekitar 1-2 minggu saja. Biasanya masalah mobil itu baru muncul kalau sudah lebih dari 2-3 minggu. Dalam hal ini Dokter mobil mau memberi garansi panjang sehingga membuktikan kalau pengerjaannya benar-benar akurat.

Baca Juga : Cara Atasi Air Kondensasi AC Tersumbat

Bagi kamu yang ingin melakukan perbaikan pada komponen alat pendingin mesin mobil yang rusak bisa langsung hubungi Dokter Mobil. Kamu bisa konsultasi dulu mengenai proses perbaikan dan harganya.

Itulah penjelasan mengenai daftar alat pendingin mesin mobil yang harus kamu ketahui. Pastikan semua komponen pendingin mobil dalam kondisi bagus sehingga bisa bekerja dengan baik. Apabila radiator berfungsi dengan baik maka mesin mobil tidak sampai mengalami overheat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6521

No votes so far! Be the first to rate this post.

alat pendingin mesin mobil

Mengenal Berbagai Komponen Alat Pendingin Mesin Mobil

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents