šŸ“¢ SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini  šŸ“¢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini  ā© Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol KlikĀ Disini

Penyebab AC Avanza Tidak Dingin

Penyebab AC Avanza Tidak Dingin yang Perlu Anda Ketahui

Avanza, yang terkenal dengan julukan mobil sejuta umat, kadang memiliki kendala. Salah satunya adalah AC Avanza tidak dingin. Hal ini tentu membuat suasana dalam mobil Avanza jadi tidak nyaman lagi. Penumpang dan pengemudi bisa kepanasan, gerah, dan merasakan hal tidak nyaman lainnya.

Ternyata, memang banyak orang yang mengeluhkan masalah ini. Dan mereka langsung saja membawa ke bengkel tanpa tahu penyebabnya. Padahal, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan AC dalam mobil Avanza jadi tidak dingin.

Dengan tahu penyebabnya, mungkin kamu bisa langsung memperbaikinya sendiri. Atau minimal, kamu bisa melakukan perawatan sendiri jika dimungkinkan. Tentu saja, perawatannya sendiri memang sangat penting untuk dilakukan. Biasanya, sangat berdampak terhadap daya tahan dari AC Avanza tidak dingin sendiri.

Kalau tidak dilakukan perawatan sama sekali, bisa-bisa ada banyak masalah lain yang terjadi. Entah kerusakan yang merembet pada setiap komponen dalam AC mobil atau mungkin AC mobil malah rusak total dan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Tentu tak ingin hal tersebut terjadi, kan?

Kerusakan total yang terjadi pada suatu komponen dalam mobil, tentu saja butuh biaya besar untuk memperbaikinya. Atau mungkin kamu memang harus menggantinya dengan yang baru. Setiap mobil dari merk dan jenis apapun, spare part, suku cadang, atau berbagai komponen lainnya harganya tidak murah.

Agar itu tak terjadi, ada baiknya mengetahui apa penyebab AC Avanza tidak dingin . Penasaran? Simak uraian berikut ini, ya.

Mengapa Harus Tahu Penyebab AC Avanza Tidak Dingin?

AC Avanza Tidak Dingin

Jangan salah, kamu harus mengetahui penyebab AC Avanza tidak dingin bisa memberikanmu banyak manfaat. Misalnya saja, kamu bisa mengetahui apa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kalau ada hal yang tidak boleh dilakukan, artinya hal tersebut akan menyebabkan AC cepat rusak dan tidak bisa digunakan.

Maka, kamu bisa melakukan pencegahan sedini mungkin AC Avanza tidak dingin jadi tidak cepat rusak dan memberikan kinerja yang optimal.

Lantas, Apa Penyebab AC Avanza Tidak Dingin?

Sebenarnya, ada banyak penyebab AC Avanza tidak dingin. Jadi, bukan hanya masalah AC tersebut sudah terlalu lama digunakan atau kualitas dari AC-nya yang tidak terlalu bagus. Jika kamu ingin mengetahuinya, berikut ini beberapa informasi lengkap mengenai penyebabnya.

  1. Freon Habis

Pertama, penyebab AC tidak dingin yakni gara-gara freon dalam AC sudah habis. Agar bisa berfungsi, tentu saja sistem pendingin apapun membutuhkan freon agar bsia bekerja. Jika kehabisan freon, maka dapat dipastikan bahwa AC yang ada tidak akan bisa bekerja dengan optimal.

Bisa bekerja, tapi yang keluar hanya angin saja. Dibandingkan menggunakan angin dari AC mobil yang tidak dingin, sepertinya lebih baik menggunakan udara segar dengan membuka jendela. Maka dari itu, lakukan pengecekan freon jika kamu merasa bahwa AC Avanza tidak dingin milikmu sudah tidak sedingin ketika awal membelinya.

Kalau memang freon sudah habis, sudah waktunya untuk mengisi ulang freon. Sederhana saja caranya, kamu tinggal pergi ke bengkel spesialis AC agar penanganannya bisa tepat dan mendapatkan hasil pengerjaan yang berkualitas.

  1. Kondensor Kotor

Tak hanya freon yang habis, kondensor yang kotor juga bisa menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin lagi. Kondensor, merupakan salah satu bagian yang ada dalam AC Avanza tidak dingin yang mempunyai fungsi untuk membuang suhu panas yang berasal dari kompresor.

Jika bagian kondensor ini sudah sangat kotor, maka AC mobil hanya akan mengeluarkan angin yang tidak dingin saja. Kalau kamu tak ingin hal ini terjadi, tentu saja perawatan rutin kondensor di bengkel spesialis AC sangat kamu perlukan.

  1. Kompresor Mengalami Kerusakan

Tak hanya kondensor saja, kompresor juga merupakan salah satu bagian yang penting untuk diperhatikan. Kalau kompresor rusak, secara otomatis AC Avanza tidak dingin tidak akan dingin lagi. Kompresor sendiri, memiliki fungsi untuk mengatur suhu yang ada di dalam mobil.

Kalau kompresor tidak bisa bekerja, suhu panas yang keluar dari mesin, akan membuat suhu dalam mobil jadi ikut meningkat. Hal inilah yang bisa menyebabkan AC Avanza tidak dingin . Ciri-cirinya sederhana, kamu hanya perlu melihat sight glass. Kalau berwarna hitam, berarti kompresornya memang mengalami kerusakan.

Jika tanda ini muncul, hal tersebut berarti expansion valve atau receiver dryer mengalami penyumbatan lantaran ada kotoran yang menumpuk. Pembersihannya, juga harus dilakukan secara berkala agar tidak ada kotoran yang mengganggu.

  1. Extra Fan Tidak Berfungsi

Penyebab lainnya, yakni extra fan yang ada pada mobil tidak berfungsi. Dengan kata lain, extra fan juga mengalami kerusakan dan menyebabkannya mati total. Jika komponen yang letaknya ada di depan kondensor ini tidak berfungsi,AC Avanza tidak dingin tentu saja proses kondensasi yang merupakan sistem dari pendingin juga ikut terpengaruh.

Padahal, kondensasi merupakan salah satu proses yang bisa membuat penurunan suhu pada kondensor. Kalau extra fan tidak berputar sebagaimana mestinya, penurunan suhu tidak bisa terjadi sama sekali. Maka, kabin pada mobil kesayanganmu akan terasa cukup panas dan membuat tidak nyaman.

  1. Sistem AC Mobil Kelebihan Tekanan

Hal lain yang bisa menyebabkan AC jadi tidak dingin yakni sistem AC mobil sudah kelebihan tekanan. Kamu harus cukup hati-hati kalau ingin mengisi oli kompresor. Pengisian yang berlebihan, akan membuat tekanan pada freon AC jadi meningkat. Jika meningkat, kompresor akan menjadi overheat.

Jika kompresor mengalami overheat, maka proses kondensasi yang perlu dilakukan, jadi terhambat. Padahal, proses kondensasi yang ada dalam sistem pendingin bermanfaat untuk menurunkan suhu dari ruangan. Kalau prosesnya bermasalah, tak heran jika AC Avanza tidak dingin milikmu.

  1. Penyumbatan Evaporator

Evaporator yang tersumbat lantaran adanya kotoran yang menumpuk, juga bisa menyebabkan AC jadi tidak dingin lagi. Hal tersebut menyebabkan aliran udara yang keluar dari blower, juga ikut terhambat. Jika aliran udara terhambat, maka sirkulasi dari AC Avanza tidak dingin ikut terganggu.

Sangat wajar memang kalau ada debu atau kotoran yang menempel pada evaporator. Debu dan kotoran bisa ikut masuk karena ada hisapan blower yang tersambung dengan evaporator. Jika tidak ingin hal ini terjadi, ada baiknya untuk melakukan perawatan dengan membersihkan bagian evaporator secara rutin.

Dibaca Juga:Service Thermistor AC Mobil Cirebon

  1. Fan Belt Putus

Fan belt mempunyai fungsi sebagai komponen yang akan menyalurkan putaran yang ada pada mesin menuju kompresor. Jika fan belt mengalami kerusakan atau putus, bisa dipastikan bahwa kinerja dari komponen kompresor tidak akan optimal lantaran tidak dapat mendapatkan aliran dari putaran mesin.

Padahal, kompresor butuh energi dari putaran mesin agar dapat bekerja dengan baik. Jika kompresor sudah tidak dapat bekerja dengan optimal, aliran freon juga tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Maka dari itu, yang keluar dari AC mobil bukan hawa dingin. Melainkan hanya angin saja.

Kalau beberapa penyebab AC Avanza tidak dingin ini sudah kamu ketahui. Mungkin kamu dapat lebih aware dan melakukan perawatan secara rutin. Jika memang cukup malas merawatnya sendiri, bawa saja ke Dokter Mobil yang sudah sangat berpengalaman dan merupakan salah satu spesialis AC mobil.

Di mana-mana, kalau sudah spesialis artinya sudah sangat hafal dan paham seluk-beluk dari AC. Kamu bisa merawat AC mobil secara berkala, dengan membawanya langsung pada cabang Dokter Mobil yang sudah tersebar di beberapa daerah. Tak hanya untuk merawat AC mobil saja, masih ada banyak layanan menarik lainnya.

Kamu juga bisa Tune Up mobil agar performanya lebih ngacir. Ada juga layanan Free General Check Up untuk mengetahui kondisi mobil kamu secara keseluruhan. Intinya, layanan di Dokter Mobil sudah sangat lengkap. Jadi, jangan ragu lagi membawa mobil kesayanganmu ke Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1768

No votes so far! Be the first to rate this post.

Penyebab AC Avanza Tidak Dingin

Penyebab AC Avanza Tidak Dingin yang Perlu Anda Ketahui

Table of Contents

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Table of Contents